bjb
itcbet

Duh.. Putus Cinta Dominasi Penderita ODGJ di Ciamis

Ilustrasi pembebasan penderita ODGJ. (Foto: Net)

JABARNEWS | CIAMIS - Pemasungan Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) masih kerap terjadi. Mirisnya, pemasungan justru dilakukan oleh anggota keluarga dekat pasien. Padahal ODGJ tidak butuh dipasung. Mereka membutuhkan dukungan dari lingkungan, seperti keluarga, teman, dan masyarakat, untuk mendapatkan kesembuhan dan kembali normal.

Kepala Bidang P2P Dinkes Kabupaten Ciamis, dr. H. Bayu Yudiawan, MM mengatakan, sekitar 1.700 orang di Kabupaten Ciamis telah mengalami gangguan jiwa, diantaranya mengalami gangguan kejiwaan ringan, sedang hingga berat, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Ciamis mencatat, ada sekitar 960 orang mengalami gangguan jiwa dengan kategori yang cukup berat.

Baca Juga:

Pemkab Ciamis Lelang 10 Jabatan Kepala Dinas

KNPI Ciamis Ajak Seluruh Organisasi Kepemudaan Berkontribusi Positif



"Dari 1.700 orang dengan gangguan jiwa (ODGJ) tersebut, diantaranya sebanyak 36 ODGJ yang cukup berat tersebut ada yang dipasung oleh pihak keluarganya," ujarnya kepada Jabarnews.com, Kamis (9/1/2020).

Oleh sebab itu kata dr. H. Bayu, penderita ODGJ masih bisa ditangani dengan baik, jadi pihak keluarga atau masyarakat jangan sampai melakukan pemasungan terhadap penderita ODGJ, jika ada pihak keluarga atau pun kerabatnya yang telah menderita ODGJ, segera laporkan ke Puskesmas terdekat.
Halaman selanjutnya
Tags : Penderita ODGJ Pemkab Ciamis Harapan Sehat Rehabilitasi ODGJ Program Jalur Bisa Dinas Kesehatan Jabarnews Berita Jawa Barat Berita Terkini

SEREMONIA

berita terkait

HMI Ciamis Desak Pemkab Tertibkan Toko Modern Bermasalah

258 Desa di Kabupaten Ciamis Akan Dipasang PJU-TS

Kader HMI Desak Pemkab Ciamis Tertibkan Toko Modern Bermasalah

Persib

Berita Populer

Berita Terkini

Mang Jabar

jabarnews tv

tag populer

unduh aplikasi