Presiden Jokowi Adakan Rapat Dengan Emil di Istana, Ini Hasilnya

JABARNEWS | BANDUNG – Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil menghadiri rapat bersama Presiden Joko Widodo di Jakarta, Rabu (8/1/2020) kemarin. Dalam rapat tersebut, Gubernur Jabar mengusulkan untuk membangun empat bendungan baru di Jawa Barat.

“Saya dan Pak Rahmat Effendi mengusulkan bendungan baru termasuk yang menyebabkan banjir di Karawang,” kata Emil di Gedung Pakuan, Kota Bandung, Kamis (9/1/2020).

Baca Juga:  DPD Partai Golkar Purwakarta Tuntaskan Muscam Di 17 Kecamatan

Dia mengatakan, empat bendungan baru itu diharapkan bisa mengatur aliran air sungai khususnya di zona rawan banjir.

“Kita ingin ada bendungan penahan pengatur aliran Sungai Cibeet dan Cilamaya, kemudian Cileungsi dan Cikeas juga. Butuh sekitar tiga sampai empat lokasi di zona terdampak, sedang kita cari titiknya,” jelasnya.

Usulan tersebut langsung disambut baik oleh Presiden Joko Widodo. Presiden setuju dengan pengaturan air ini ke wilayah utara khususnya perkotaan harus ada pengendalian lebih baik.

Baca Juga:  Kurir Buka Mulut, Pengedar Narkoba di Asahan Ditangkap Polisi

Setelah itu, Emil menyebut, akan melakukan rapat teknis pembagian tugas dalam mengelola tata air yg berada di Jabodetabek.

“Sistem air di lokasi bencana kemarin pada tanggal 1 januari 2020 tidak didesain untuk menampung volume air yang tinggi. Bahkan pada saat itu volume air sampai mendekati 400 mm per hari,” papar Emil.

Baca Juga:  Pria Purwakarta Coba Bunuh Diri Pakai Golok, 2 Anaknya Diracun Tikus

Emil menambahkan sebetulnya yang menjadi faktor secara resmi adalah dari cuaca ekstrem. Biasanya, kata dia, paling tinggi mencapai 100 mm.

“Kalau tidak salah hal tersebut paling tinggi versi Pak Anies dalam 154 tahun terakhir,” pungkasnya. (RNU)