Asah Kemampuan, Polres Tasikmalaya Gelar Latihan Tanggap Darurat

Kegiatan ini meliputi pelatihan penggunaan sarana dan prasarana yang kita miliki, seperti kendaraan rescue, perahu karet, dan gergaji mesin

Sejumlah personel Polres Tasikmalaya Kota mengikuti simulasi evakuasi korban banjir di Situ Gede, Kota Tasikmalaya. (Foto: Antara)

JABARNEWS | TASIKMALAYA - Memasuki musim penghujan juga di iringi dengan adanya ancaman bencana alam seperti tanah longsor dan banjir atupun bencana angin puting beliung. Sebagai langkah kesiapsiagaan akan adanya ancaman bencana yang setiap waktu bisa datang, Polres Tasikmalaya menggelar latihan tanggap darurat bencana di Situ Gede, Kota Tasikmalaya, Jawa Barat.

Kepala Satuan Sabhara Polres Tasikmalaya Kota sebagai penanggung jawab kegiatan itu, AKP Dian Rosdiana, di Tasikmalaya, mengatakan simulasi dilaksanakan di lapangan sebagai kesiapan diri kepolisian dalam penanganan banjir di daerah itu.

Baca Juga:

Antisipasi Pohon Tumbang, Ini Langkah Pemkot Bandung

Komisi III DPRD Jabar Soroti Program Pemprov 2021



"Sejumlah anggota Polres Tasikmalaya Kota dibekali kemampuan menyelamatkan korban banjir melalui pendidikan dan simulasi evakuasi warga terdampak banjir. Kegiatan ini meliputi pelatihan penggunaan sarana dan prasarana yang kita miliki, seperti kendaraan rescue, perahu karet, dan gergaji mesin," kata dia.

Ia menuturkan simulasi penyelamatan korban banjir melibatkan 30 anggota unit rescue yang terbagi dalam tiga tim, yakni tim patroli, reaksi cepat, dan evakuasi korban.

Dalam simulasi itu, lanjut dia, dimulai dengan adanya laporan tiga warga terseret banjir, selanjutnya tim menggunakan perahu untuk menyelamatkan korban lalu membawanya ke daratan.
Halaman selanjutnya 1 2
Tags : Musim Penghujan Mitigasi Bencana Korban Banjir Polres Tasikmalaya BPBD Tasikmalaya Tanggap Darurat Bencana Jabarnews Berita Jawa Barat Berita Terkini Berita Lokal Berita Hiperlokal

berita terkait

Persib

Berita Populer

Berita Terkini

Mang Jabar

jabarnews tv

tag populer

unduh aplikasi