Asah Kemampuan, Polres Tasikmalaya Gelar Latihan Tanggap Darurat

JABARNEWS | TASIKMALAYA – Memasuki musim penghujan juga di iringi dengan adanya ancaman bencana alam seperti tanah longsor dan banjir atupun bencana angin puting beliung. Sebagai langkah kesiapsiagaan akan adanya ancaman bencana yang setiap waktu bisa datang, Polres Tasikmalaya menggelar latihan tanggap darurat bencana di Situ Gede, Kota Tasikmalaya, Jawa Barat.

Kepala Satuan Sabhara Polres Tasikmalaya Kota sebagai penanggung jawab kegiatan itu, AKP Dian Rosdiana, di Tasikmalaya, mengatakan simulasi dilaksanakan di lapangan sebagai kesiapan diri kepolisian dalam penanganan banjir di daerah itu.

Baca Juga:  Inilah Harapan Petani Dalam Pelaksanaan TMMD Ke-100 di Purwakarta

“Sejumlah anggota Polres Tasikmalaya Kota dibekali kemampuan menyelamatkan korban banjir melalui pendidikan dan simulasi evakuasi warga terdampak banjir. Kegiatan ini meliputi pelatihan penggunaan sarana dan prasarana yang kita miliki, seperti kendaraan rescue, perahu karet, dan gergaji mesin,” kata dia.

Ia menuturkan simulasi penyelamatan korban banjir melibatkan 30 anggota unit rescue yang terbagi dalam tiga tim, yakni tim patroli, reaksi cepat, dan evakuasi korban.

Baca Juga:  Waduh! Tiga Ruangan Kelas SDN 1 Jayakerta Karawang Ambruk, Videonya Viral di Media Sosial

Dalam simulasi itu, lanjut dia, dimulai dengan adanya laporan tiga warga terseret banjir, selanjutnya tim menggunakan perahu untuk menyelamatkan korban lalu membawanya ke daratan.

“Simulasi ini untuk kesiapan, jadi nanti kalau benar kejadian kita siap melakukan penyelamatan,” katanya.

Ia mengungkapkan simulasi penanganan kebencanaan bagian dari kesiapan personel menghadapi musim hujan yang seringkali berakibat banjir di wilayah hukum Polres Tasikmalaya Kota.

Baca Juga:  Polisi Purwakarta Imbau Pemudik Siapkan Ini Sebelum Masuk Rest Area

“Dengan begitu, ketika saatnya nanti ada bencana maka anggota sudah tidak ragu dan memiliki keterampilan yang andal dalam penanggulangan bencana,” katanya.

Banjir sering menggenangi pemukiman rumah warga dan areal pertanian di Kecamatan Sukaresik, Kabupaten Tasikmalaya yang masuk wilayah hukum Polres Tasikmalaya Kota.

Ia berharap, latihan penyelamatan yang langsung dilakukan di danau itu bisa menambah keberanian, keterampilan, dan kesigapan aparat dalam melakukan penanggulangan banjir. (Ara)