Polres Ciamis Peringati Hari Gerakan Sejuta Pohon Dunia

JABARNEWS | CIAMIS – Pada 10 Januari diperingati sebagai Hari Gerakan Sejuta Pohon Sedunia. Hal ini mengingatkan betapa pentingnya pohon sebagai paru-paru bumi di tengah semakin tergerusnya hutan. Peringati Hari Gerakan Sejuta Pohon Sedunia, Polres Ciamis gelar launching serentak penanaman pohon di Mapolsek Kawali, Kabupaten Ciamis, Jumat (10/1/2020).

Wakapolres Ciamis, Kompol Lalu Wira mengatakan, bertepatan dengan peringatan hari sejuta pohon sedunia, penanaman pohon tersebut dialokasikan di Mako Polres maupun Polsek jajaran Polres Ciamis, lahan milik Polri, Asrama Polri dan lahan masyarakat yang kosong.

Baca Juga:  Inilah Identitas Pelaku Bom Bunuh Diri di Polrestabes Medan

“Penanaman ratusan pohon dari berbagai jenis yakni seperti nangka, durian, lengkeng, rambutan, dan lainnya tersebut untuk antisipasi kemungkinan rawan longsor dan banjir, apalagi dimusim penghujan seperti ini,” ujarnya. Jumat (10/1/2020).

Baca Juga:  Masa Tenang Kampanye, Bawaslu Bandung Tindak Pelanggaran Politik Uang

Kompol Lalu Wira menuturkan, dengan adanya program penanaman tersebut diharapkan dapat bermanfaat bagi lingkungan hidup dimasa yang akan datang.

Sementara itu, Kepala Dinas Perumahan Rakyat Kawasan Pemukiman dan Lingkungan Hidup (DPRKPLH) Kabupaten Ciamis, Taufik Gumelar mengatakan bahwa program berharap dapat berlanjut dan kegiatan tersebut sejalan dengan program Pemerintah baik Pusat maupun Daerah.

Baca Juga:  Profesor Hukum: Jangan Mau MK Diajak Jadi ‘Mahkamah Kliping’

“Penanaman pohon tersebut sangat baik untuk mencegah pencemaran air, kerusakan hutan, bencana alam banjir dan persampahan,” ujarnya.

Gerakan menanam pohon kembali merupakan salah satu solusi pencegah penyusutan hutan yang masif di Indonesia. (CR1)