DPKPB Purwakarta Amankan Ular King Kobra di Dapur Warga

JABARNEWS | PURWAKARTA – Ular king kobra yang masuk ke area permukiman penduduk kembali menggemparkan warga. Kali ini, peristiwa itu terjadi di Kampung Krajan RT 4/2, Kecamatan Babakancikao, Kabupaten Purwakarta.

Ular king kobra berukuran 1,5 meter itu awalnya ditemukan oleh pemilik rumah yang sedang beraktivitas di dapur rumahnya. Khawatir dengan keberadaan ular berbisa itu, pemilik rumah kemudian melapor kepada Dinas Pemadam Kebakaran dan Penanggulangan Bencana (DPKPB) Kabupaten Purwakarta.

Baca Juga:  Nekat! Emak-Emak Serdang Bedagai Cegat dan Duduki Truk Lewat di Jalan Lintas Sumatra

Kepala Diskar PB Purwakarta, Wahyu Wibisono melalui petugas lapangannya, Mochamad Asar Rizal menjelaskan penemuan ular king kobra ini setelah mendapatkan laporan warga pada sore kemarin.

“Yang punya rumah melapor ke kami bahwa ada ular di rumahnya. Saat itu pemilik rumah sedang beraktivitas di dapur terkejut, tiba-tiba ular king kobra itu ‘ngaleyor’ di depannya,” ujar Abah Rizal sapaannya, saat ditemui disela-sela aktivitasnya, Jumat (10/1/2020).

Baca Juga:  Bey Machmudin Bertekad Akhiri Siklus Banjir Tahunan di Cirebon

Sejauh ini, Abah Rizal mengaku pihaknya telah mengamankan sebanyak empat ekor king kobra, 25 ekor lebih ular kobra, empat ular kopi, satu ular tanah atau sering disebut ular gibug, serta jenis ular seperti ular kisi, ular pucuk, ular hijau ekor merah, hingga ular cicak.

“Ada lagi yang kami amankan ular piton atau sanca sebanyak enam ekor dengan ukuran jumbo. Itu semua kami dapatkan sejak viralnya teror ular kobra (November.red),” katanya.

Baca Juga:  Lamaran Pertama Endang Koswara Tertuju Ke Partai Gerindra

Ular-ular yang telah diamankan Diskar PB Purwakarta, tambah Abah Rizal, sebagiannya telah mereka hibahkan ke para komunitas reptil dan adapula yang dirilis atau dilepasliarkan kembali ke habitatnya.

“Ada yang kita berikan ke komunitas pencinta ular dan ada yang kami lepas di tempat yang jauh dari pemukiman warga,” ungkapnya. (Gin)