Kreatif, Di Desa Ini Sampah Bisa Disulap Jadi Pundi Rupiah

Bank Sampah Mentari berencana akan menyebar 10 tong sampah dan 10 keranjang di setiap perkampungan

Produk hasil pengolahan sampah di Desa Cadasari, Kecamatan Tegalwaru, Kabupaten Purwakarta. (Foto: Gin/Jabarnews)

JABARNEWS | PURWAKARTA - Sampah merupakan sisa dan tidak berguna yang ada di sekitar lingkungan masyarakat. Namun tidak semua barang yang tak berguna harus dibuang. Dengan sentuhan tangan-tangan kreatif warga Desa Cadasari, Kecamatan Tegalwaru, yang menyulap sampah menjadi produk bermanfaat dan bernilai ekonomi.

Dikatakan, Kepala Desa Cadasari Kecamatan Tegalwaru, Wawan Setiawan, pengolahan sampah oleh bank sampah di Desa yang dipimpinnya sudah berjalan sejak lama.

Baca Juga:

Nasabah Bank Sampah Induk Cimahi Capai 1.500 Orang

Momentum HPSN, Mapala Jalak Hitam gelar Aksi Pungut Sampah



Semisal, jelas dia, sampah plastik dijadikan tas berbagai ukuran, kertas diolah menjadi jam dinding sebagai salah satu upaya pengurangan sampah. Tidak hanya itu, Bank Sampah Mentari juga mengolah drum tidak terpakai disulap menjadi kursi dan meja didesain sedemikan rupa sehingga mampu menarik perhatian.

"Melalui metode ini setidaknya dapat mengurangi jumlah sampah yang mampu menghasilkan nilai ekonomi," kata dia, Jumat (10/1/2020).

Wawan berkomitmen jika pengolahan sampah akan tetap dilakukan, pada 2020 Wawan mengaku telah memiliki rencana menyediakan tong sampah di setiap perkampungan di wilayah itu.
Halaman selanjutnya 1 2
Tags : Bank Sampah Limbah Sampah Tangan Kreatif Desa Cadasari Nilai Ekonomi Sampah Disulap Rupiah Jabarnews Berita Jawa Barat Berita Terkini Berita Lokal Berita Hiperlokal

berita terkait

Waste to Gold, Jurus Baru Pemprov Jabar Atasi Sampah Plastik

Persib

Berita Populer

Berita Terkini

Mang Jabar

jabarnews tv

tag populer

unduh aplikasi