Gerhana Bulan Penumbra Berpotensi Timbulkan Banjir Rob

Gerhana Bulan Penumbra akan menyambangi Indonesia pada Sabtu (11/1/2020) dini hari nanti.

Ilustrasi gerhana bulan (Foto: Pixabay)

JABARNEWS | JAKARTA - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), menyebut Gerhana Bulan Penumbra akan menyambangi Indonesia pada Sabtu (11/1/2020) dini hari nanti.

Tidak hanya berdampak pada meredupnya intensitas cahaya Bulan karena tertutup bayangan penumbra, fenomena ini juga bisa meningkatkan risiko terjadinya pasang air laut, yang menyebabkan banjir rob. Hal ini disampaikan oleh Kepala Lembaga Penerbangan dan Antariksa (LAPAN), Thomas Djamaluddin.

Baca Juga:

Banjir Rob di Utara Jawa dan Ada Gerhana Panumbra, Berkaitan Kah?

BMKG Sebut Potensi Rob Masih Berpotensi di Wilayah Pesisir Utara



Menurut Thomas, pasang surut air laut ini tak lain karena adanya pengaruh gravitasi Matahari dan Bulan. Ketika Bumi, Bulan, dan Matahari ada dalam posisi sejajar atau satu garis lurus, maka gravitasi Bulan bisa menyebabkan pasang air laut purnama yang cukup tinggi.

“Pasang maksimum terjadi dua hari saat purnama atau gerhana. Ini berpotensi terjadinya banjir rob di sepanjang pesisir pantai,” ujar Thomas dilansir dari laman Kumparan.com, Jumat (10/1/2020).

Oleh sebab itu, masyarakat yang tinggal di dataran rendah, khususnya di pesisir pantai, diimbau untuk waspada menghadapi banjir rob. Terlebih jika terjadi hujan lebat yang mengakibatkan aliran air melambat untuk masuk ke laut karena terjadi pasang.
Halaman selanjutnya 1 2
Tags : Gerhana Bulan Penumbra Banjir Rob BMKG LAPAN Jabarnews Berita Jawa Barat Berita Terkini Berita Lokal Berita Hiperlokal

berita terkait

Inilah Fakta Menarik Gerhana Panumbra 11 Januari

11 Januari Akan Terjadi Gerhana Bulan Samar-samar

Persib

Berita Populer

Berita Terkini

Mang Jabar

jabarnews tv

tag populer

unduh aplikasi