Simak! Inilah Tips Liburan Saat Musim Hujan

JABARNEWS | BANDUNG – Hampir setiap hari hujan mengguyur, beberapa sebagian daerah terdampak tidak bisa dielakan selalu ada menimbulkan kerugian baik itu materi, sosial bahkan sampai menimbulkan korban jiwa.

Musim hujan seharusnya tidak menjadi penghalang bagi siapaun yang ingin merencanakan liburan. Banyak tips liburan yang ampuh untuk mengusir kegalauan.

Urusan destinasi pun bisa disesuaikan, tergantung siapa saja yang diajak traveling. Untungnya lagi saat musim hujan, cuaca terasa jauh lebih sejuk. Sehingga walaupun lama berjalan kesana-kemari tidak akan mudah kepanasan atau berkeringat.

Namun tentunya perlu banyak persiapan untuk menghadapi cuaca yang berubah-ubah. Selain demi keselamatan, udara yang lembap jika tidak disiasati juga kerap menimbulkan penyakit.

Berikut merupakan tips liburan di musim hujan yang bisa dilakukan.

Cek selalu prakiraan cuaca

Umumnya pada musim penghujan, ada pola tertentu yang juga menunjukkann kapan turunnya hujan. Cek selalu prakiraan cuaca. Dari informasi yang diberikan oleh ramalan cuaca, Anda dapat menentukan tipe kegiatan apa yang akan dilakukan selama berada di destinasi wisata. 

Baca Juga:  Pemkab Purwakarta Targetkan 1.000 Hektar Areal Persawahan Organik

Bawa obat-obatan

Sangatlah penting untuk menjaga kesehatan tubuh saat liburan. Mengingat kondisi tubuh bisa saja tidak terbiasa dengan destinasi yang dikunjungi, terutama akibat pengaruh cuaca di musim hujan.

Bisa juga karena makanan dan rasa lelah berlebih. Untuk itu, jangan lupa bawa obat-obatan yang lengkap seperti obat anti masuk angin, obat sakit kepala, obat flu dan batuk, obat diare, obat alergi dan obat khusus dari dokter jika Anda memiliki penyakit tertentu.

Pilih wisata indoor

Destinasi favorit seperti pantai, gunung, dan air terjun mungkin mengasyikan untuk dikunjungi. Tapi di musim hujan, perlu mengindarinya sementara. Pantai akan kurang bersahabat karena air pasang dan ombak yang kencang. Sedangkan medan pada gunung dan air terjun juga lebih licin.

Baca Juga:  Basarnas Nias Temukan Warga Aceh Hilang di Hutan, Begini Kondisinya

Adapun pilihan destinasi lainnya yang bisa dipilih adalah menonton pertunjukan budaya, berkeliling ke museum, atau bermain di indoor theme park.

Pakai baju yang sesuai

Berhubung suhu ketika musim hujan lebih dingin, pastikan memakai baju yang dapat membuat hangat seperti jaket tebal ataupun sweater.

Satu yang tak kalah pentinig, sediakan kantong plastik di tas untuk menampung semua pakaian basah.

Gunakan waterproof makeup

Bagi seorang perempuan, berpenampilan cantik dan rapi menjadi sudah menjadi kewaijban. Tak terkecuali saat liburan. Namun ketika musim hujan, makeup lebih berisiko rusak karena cipratan air atau udara lembap.

Baca Juga:  Truk Pengangkut Alat Berat Terperosok, Warga Martoba: Masih Melintang di Jalan

Maka itu agar penampilan tetap menarik selama berjalan-jalan ke destinasi tujuan, gunakan waterproof makeup alias yang tahan air. Aplikasikan senatural mungkin untuk menghindari kesan berlebihan seperti ke pesta.

Hindari minum es

Tips liburan di musim hujan yang terakhir, hindari minum es. Terutama bagi anak-anak karena lebih rentan terkena penyakit seperti flu dan batuk. Terlalu banyak mengonsumsi minuman dalam kemasan juga kurang baik bagi kesehatan. Lebih baik siapkan selalu tumbler berisi air hangat untuk memudahkan Anda bila sewaktu-waktu haus.

Itulah tips liburan di musim hujan untuk bisa menghilangkan kegalauan pada saat musim hujan. Utamakan selalu keselamatan dan kesehatan agar semua berjalan sesuai rencana. Semoga liburan menyenangkan! (Red)