Ditemukan Barang Terlarang Saat Razia di Lapas Purwakarta

JABARNEWS | PURWAKARTA – Petugas menemukan sejumlah barang terlarang saat merazia blok tahanan di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Purwakarta, pada Sabtu (14/12/2019).

Razia yang digelar Lapas kelas IIB Purwakarta bersama Polres Purwakarta memeriksa beberapa blok yang ada dilingkungan tersebut. Semua barang milik warga binaan digeledah.

Dalam razia yang rutin digelar tersebut, sejumlah barang terlarang disita petugas seperti, Handphone, pisau dapur, pisau catter, sendok stainlles, obeng, paku, gunting dan beberapa barang terlarang lainnya.

Baca Juga:  Ini Penyebab Semburan Api di Tol Cipali Subang, Ternyata...

“Razia ini sebetulnya sudah menjadi agenda rutin dan hasilnya tadi kita temukan beberapa barang yang dilarang atau masuk ke dalam blok tahanan dan barang tersebut kita sita untuk nantinya kita musnahkan,” kata Kalapas Kelas IIB Purwakarta, Suprapto, Sabtu, (14/12/2019).

Meski barang-barang terlarang tersebut tidak digunakan, kata Suprapto, pihaknya mengaku khawatir barang itu suatu saat digunakan penghuni Lapas untuk hal yang tidak diinginkan.

Baca Juga:  Panji Petualang Bantu Keluarga yang Tewas Digigit Ular

Dalam razia kali ini banyak barang yang berpotensi digunakan penghuni Lapas untuk melakukan tindakan kriminal hingga melakukan komunikasi ke luar Lapas.

“Seperti pisau, gunting, itu jenis senjata tajam yang bisa saja digunakan penghuni lapas dan itu sangat berbahaya. Belum lagi seperti telepon seluler, bisa saja digunakan penghuni Lapas untuk melakukan hal-hal terlarang dari dalam Lapas melalui komunikasinya. Untuk itu kita selalu waspada dan antisipasi,” paparnya.

Baca Juga:  Kondisi Sekolah Swasta di Kota Cimahi Memprihatinkan, FMPP: Kami Merasa Terdiskriminasi!

Sementara itu, hasil tes urine ratusan penghuni Lapas oleh anggota SatRes Narkoba Polres Purwakarta, kata Suprapto, menunjukan hasil Negatif.

Meski begitu, razia dan tes urine akan terus dilakukan untuk menjaga kondusifitas dan penghuni Lapas bebas dari peredaran Narkoba.

“Alhamdulilah dari hasil tes urine hasilnya Negatif, tapi razia ini akan terus kita lakukan secara rutin dan selalu bekerjasama dengan jajaran Polres Purwakarta untuk menjaga kondusifitas Lapas ini,” Pungkasnya. (Gin)