Legend Timnas: Shin Tae-Yong akan Bawa Kedisiplinan Skuat Garuda

JABARNEWS | JAKARTA – Shin Tae-Yong resmi menjadi pelatih timnas Indonesia pada akhir Desember 2019. Lalu, berdasarkan rapat PSSI bersama Shin Tae-Yong pada Kamis (9/1), Shin diberikan jabatan manajer pelatih.

Penyerang timnas Indonesia yang sempat menggondol medali emas di SEA Games 1991, Peri Sandria meyakini pelatih Shin Tae-Yong yang berasal dari Korea Selatan itu akan membawa kedispilinan ke dalam skuat Garuda.

“Kalau pelatih sudah terbiasa dengan situasi disiplin, dia tentu bisa menerapkan itu di timnas,” ujar Peri, Jum’at (10/09/2020).

Baca Juga:  Toko Minimarket di Cikalongkulon Cianjur Digasak Kawanan Pencuri, Uang Puluhan Juta Raib

Ia menyebutkan, sikap disiplin Shin sangat penting karena, berdasarkan pengamatan Peri, pemain tim Garuda kerap kali tidak disiplin baik di dalam maupun di luar lapangan.

Kemudian, budaya sepak bola Korea Selatan sangatlah kental dengan kedisiplinan. Peri menyaksikan sendiri hal tersebut terutama ketika dia aktif sebagai pemain.

“Misalnya, pemain Korea itu harus makan, keluar bersama-sama. Pakaian yang dikenakan juga serupa. Mereka serba kompak. Dari sana terlihat jelas mereka sangat mematuhi aturan dan menyadari bahwa disiplinlah yang bisa membawa mereka maju,” kata Peri.

Baca Juga:  Terbaru Lokasi SIM Keliling Kota Bandung 27 Mei 2022

Kondisi-kondisi tersebut, laki-laki berusia 50 tahun itu melanjutkan, membuat para penggawa timnas Indonesia harus beradaptasi ekstra.

“Otomatis semuanya harus dari nol lagi dan ini butuh waktu, butuh proses,” tutur Peri.

Seperti diketahui, untuk saat ini, selain melatih timnas senior Indonesia, Shin menjadi pengawas di timnas U-16, U-19 dan U-23 yang masing-masing memiliki juru taktik sendiri.

Pelatih timnas U-16 adalah Bima Sakti. Sementara timnas U-19 dan U-23 ditangani pelatih dari Korea Selatan yang dibantu pelatih Indonesia.

Baca Juga:  Sekeluarga di Cianjur Tertimpa Tembok Ambruk, 2 Orang Tewas Tertimbun Puing

Timnas U-19, yang disiapkan untuk Piala Asia U-19 2020 dan Piala Dunia U-20 2021, akan dipimpin oleh pelatih Gong Oh Kyun, yang menjadi asisten pelatih timnas U-20 Korea Selatan ketika menjadi “runner up” di Piala Dunia U-20 tahun 2019, dan Nova Arianto.

Sementara timnas U-23 dipimpin oleh pelatih Indra Sjafri, yang membawa Indonesia juara Piala AFF U-19 2013, Piala AFF U-22 2019 dan merebut medali perak SEA Games 2019, dan pelatih Korea Selatan Kim Woo Jae. (Ara)