bjb
itcbet

Mang Oded: Bandung Hidromarket Bisa Dihadirkan di Tiap Kelurahan

Wali Kota Bandung Oded M. Danial mengunjungi kebun komunitas Bandung Hidromarket. (Foto: Net)

Ia berharap, nanti bisa bisa menghadirkan hidromarket dan membangun urban farming lebih baik yang tiap kelurahan dibuat dua titikpada 151 kelurahan.

"Sebelum harga sayuran terus melejit, masyarakat Kota Bandung sudah harus mampu memenuhi kebutuhan sayur mayurnya secara mandiri. Untuk itu akan menumbuhkan urban farming di level kelurahan" ungkap Oded.

Baca Juga:

Guru Olahraga di Jabar Dapat Pelatihan dari Junior NBA Coaches Academy

Persib Bandung Gelar Latihan Perdana, Ezechiel Absen



Ia menambahkan, syarat kebun tersebut harus menghasilkan banyak sayuran baik untuk konsumsi masyarakat ataupun menjadi penyuplai untuk pasar komersil.

Sementra itu, Ketua Bandung Hidromarket, Muhammad Irfan menuturkan, komunitas ini sudah mulai berkembang dengan beranggotakan 64 orang petani yang berasal dari pelbagai daerah. Meski baru terbentuk dalam kurun waktu dua bulan, namun sudah mampu memproduksi dengan kapasitas antara 50-100 kilogram sayuran dalam kurun waktu per dua hari.

Irfan menegaskan, komunitas Bandung Hidromarket siap membantu pengembangan hidroponik. Syaratnya, Pemkot Bandung juga mendukung penuh segala penunjang keberlangsungan metode hidroponik agar berjalan konsisten.

“Komunitas baru dua bulan anggotanya justru bukan petani. Ada TNI, fotografer model, orang pajak, saya juga jurnalis. Sekarang market kita itu paling banyak pengguna langsung, lalu ke katering. Ke depan kita akan ke hotel, insyaallah tembus,” kata Irfan.

Saking banyaknya permintaan, Irfan terpaksa menolak pesanan sayuran dari kawasan Jakarta dan sekitarnya lantaran kapasitas produksi Bandung Hidromarket masih belum bisa memenuhinya. Hal itu karena sayuran tanpa menggunakan pestisida.

“Kita tidak masuk ke ranah bagaimana mereka merawat tanaman. Karena mereka sudah jago. Tetapi pestisida diharamkan. Semua harus non pestisida. Kita hanya menyambungkan market dengan petani,” ungkapnya. (Red)
Halaman sebelumnya
Tags : Mang Oded Bandung Hidromarket Arcamanik Walikota Bandung swasembada sayur Metode Tanam Hidroponik Jabarnews Berita Jawa Barat Berita Terkini Berita Lokal Berita Hiperlokal

berita terkait

Beni Oktovianto Resmi Perkuat Persib Bandung

Persib

Berita Populer

Berita Terkini

Mang Jabar

jabarnews tv

tag populer

unduh aplikasi