Simak! Inilah Tips Cegah Flu dan Pilek di Musim Hujan

JABARNEWS | BANDUNG – Meskipun cuaca tak bertanggung jawab langsung membuat orang menjadi sakit, akan tetapi beberapa penyakit seperti flu dan pilek mulai bermunculan saat musim hujan.

Saat terserang flu, salah satu infeksi virus yang paling sering adalah infeksi yang disebabkan oleh rhinovirus. Umumnya infeksi ini menimbulkan gejala pilek ringan.

Namun Rhinovirus bisa menyebabkan penyakit yang lebih parah seperti bronkitis dan pneumonia pada mereka yang kekebalannya sedang melemah.

Namun tidak perlu khawatir, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mencegah flu. Berikut ini beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk mencegah serangan flu, khususnya selama musim hujan.

Miminalisir terkena hujan dan cuaca dingin

Hujan dan dingin di saat musim hujan rasanya memang sulit dihindari, tetapi upayakan untuk meminimalisir paparannya pada tubuh Anda. Selalu gunakan payung atau jas hujan jika terpaksa keluar rumah saat hujan. Selain itu, kenakan pakaian yang cukup efektif menahan dingin dan hujan.

Baca Juga:  Plt Wali Kota Bekasi Mutasi Sekda Jadi Staf Ahli, Begini Penjelasan BKPSDM

Pastikan kepala Anda mendapatkan cukup perlindungan, karena terbukti bagian paling rentan ketika Anda kehujanan adalah kepala. Karena otak akan bereaksi paling cepat terhadap dingin dan dapat memberi sejumlah sinyal yang bisa menyebabkan sejumlah penurunan kondisi.

Konsumsi makanan bergizi

Selain untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh, Konsumsilah lebih banyak sayuran dan buah. Pilih sayur dan buah yang berwarna hijau gelap, kuning, dan merah. Perbanyaklah juga konsumsi protein, seperti telur, daging, atau ikan, untuk memperkuat daya tahan tubuh.

Baca Juga:  Prakiraan Cuaca Jawa Barat Hari Ini Jumat 27 Januari 2023

Banyak minum air hangat

Sebagai salah satu fungsi bekerja cepat menaikan suhu tubuh dan mencapai kembali titik normal suhu tubuh. Kemudian membantu menghangatkan tubuh dengan mengonsumsi minuman yang bekerja melebarkan pembuluh darah. seperti minuman jahe atau dengan hidangan berempah yang hangat.

Rajin mencuci tangan

Membiasakan cuci tangan sebelum makan dan setelah menyentuh benda kotor terbukti efektif dalam mencegah flu. Disarankan untuk mencuci tangan dengan air dan sabun. Gosok-gosok seluruh bagian tangan, termasuk ujung jari, kuku, dan pergelangan tangan, selama 20 detik atau lebih. Jika tidak ada sabun dan air, kamu bisa menggunakan hand sanitizer dengan kadar alkohol lebih dari 60 persen.

Baca Juga:  Buruh Klaim Sebagian Besar Perusahaan di Tasikmalaya Sudah Bayar THR, Disnaker Bilang Begini

Segera mandi setelah kehujanan

Segeralah mandi jika Anda kehujanan. Anda bisa mandi dengan air setidaknya dalam suhu ruang atau bila memungkinkan dengan air bersuhu hangat. Air bukan bekerja membersihkan air hujan atau penyakit yang dibawa oleh air hujan, tetapi membantu menyegerakan tubuh untuk menstabilkan suhu tubuh Anda yang menurun drastis.

Itulah berbagai cara yang bisa dilakukan untuk mencegah flu saat musim hujan. Selain flu, Anda juga harus tetap waspada terhadap penyakit lain yang rentan menyerang saat musim hujan. (Red)