Penanganan Bencana Garut, BTT Dianggarkan Sebesar Rp30 Miliar

JABARNEWS | GARUT – Bupati Garut, Rudy Gunawan menyebutkan pihaknya menyiapkan anggaran dari APBD 2020 untuk biaya tak terduga (BTT) sebesar Rp30 miliar, untuk penanganan bencana alam di wilayahnya.

“BTT kita Rp30 miliar bisa digunakan untuk penanganan bencana alam,” ujar Rudy Gunawan, usai menghadiri wisuda penghafal Al Quran di Pondok Pesantren Darussalam, Kersamanah, Kabupaten Garut, Sabtu(11/01/2020)

Ia menambahkan, Pemkab Garut menyiapkan dana sebesar itu karena wilayah Garut memiliki potensi bencana yang cukup tinggi di Jabar.

Baca Juga:  Pelaku Begal Payudara di Tasikmalaya Ternyata Seorang Remaja di Bawah Umur

Bahkan dana yang disiapkan itu, menurut dia jika terjadi kekurangan dapat ditambah lagi pada perubahan anggaran 2020.

“BTT ini saya kira lebih gede, di daerah lain itu ada yang hanya Rp2 miliar BTTnya, kita bisa saja ditambah,” ujarnya.

Baca Juga:  Fraksi Gerindra Sesalkan Pejabat Sergai Seenaknya Ganti Warna Plat Mobil Dinas

Ia menyampaikan, BTT tersebut bisa digunakan untuk keadaan darurat penanggulangan bencana, termasuk bisa dialokasikan untuk bantuan rumah rusak.

“Rumah rusak akan dapat bantuan berupa material saja seperti semen, batu bata, untuk prosedurnya sudah ada,” katanya.

Ia menambahkan, penyaluran BTT bisa langsung perintah dari bupati sehingga prosesnya akan lebih cepat untuk penanggulangan bencana.

Bupati memastikan proses penanggulangan bencana alam tidak akan lama, termasuk memberikan bantuan logistik akan dilakukan dengan cepat, jika ada hambatan atau keterlambatan dipersilakan meminta langsung ke bupati.

Baca Juga:  Softball Piala Gubernur U-20 Jadi Ajang Persiapan Jabar Menuju PON 2024

Selain itu, terkait enam kecamatan di Garut dilanda bencana longsor, pihaknya melalui instansi terkait sudah terjun ke lapangan untuk melakukan pendataan dan memberikan bantuan.

“Pak Sekda kemarin (Jumat) sudah bawa logistik ke Banjarwangi,” katanya. (Ara)