Inilah Penjelasannya Tomat Termasuk Buah Atau Sayur

JABARNEWS | BANDUNG – Sering menjadi perdebatan abadi layaknya seperti mana yang lebih dulu antara telur atau ayam. Tomat pun sama, sering dianggap kali di anggap sayur dan juga sebagian lagi menganggap tomat sebagai buah.

Buku Morfologi Tumbuhan yang ditulis oleh Gembong Tjitrosoepomo dari Universitas Gadjah Mada (UGM) hanya diberikan penjelasan tentang daun, akar, batang, bunga, dan buah. Sama sekali tidak disebutkan sayur sama sekali. Berdasarkan hal ini dapat disimpulkan bahwa secara ilmiah tidak ada yang namanya sayur dalam bagian tubuh tumbuhan.

Baca Juga:  Dana Pilkada 2024 di Kota Banjar Rp14 Miliar, KPU Minta Angka yang Lebih Ideal

Dalam buku tersebut, setiap bagian tumbuhan yang berasal dari perkembangan bunga setelah mengalami penyerbukan disebut dengan buah, memiliki biji dan membantu proses reproduksi. Secara ilmu botani tidak dikenal yang namanya sayur.

Sayur hanyalah golongan tumbuhan yang dikelompokkan karena fungsinya sebagai bahan pangan pendamping nasi yang berasal dari bagian akar, batang, dan daun.

Jika ditanya kelompok manakah tomat, sayur atau buah? Jawabannya tergantung pada bagaimana cara memandangnya. Secara ilmiah, khususnya dalam ilmu botani, tomat adalah buah karena berasa dari perkembangan dari bunga. Namun dari segi kuliner, tomat adalah sayur berdasarkan rasa, tekstur, dan penggunaannya dalam masakan.

Baca Juga:  Kelakuan Geng Motor di Bogor Bikin Ngelus Dada: Lebih Takut Ngaji daripada Sanksi Fisik

Sebenarnya jika jeli dalam melihat, dilansri dari Phinomo.com, perbedaan semacam ini juga seringkali terjadi pada beberapa tanaman lain. Beberapa diantaranya adalah sebagai berikut.

Bengkoang dan wortel bukanlah buah, dalam ilmu botani dikategorikan sebagai akar. Kentang bukan termasuk buah apalagi akar, secara ilmiah kentang adalah batang.

Baca Juga:  Ada Tempat Parkir Darurat di Jalan Tol Layang Jakarta-Cikampek

Terong dan cabai memang sayur, tapi secara ilmiah termasuk buah. Kacang utuh bersama kulitnya adalah buah, sedangkan yang dikonsumsi yaitu biji. Hal ini juga sama dengan jagung.

Jengkol dan pete yang biasa dijadikan lauk dan penyedap masakan adalah buah yang berasal dari perkembangan bunga.

Masih banyak tanaman lain di dunia yang seringkali menyebabkan terjadinya perbedaan pendapat. Sayur atau buah, semua itu tergantung dari bagaiaman menilainya. (Red)