Jalan Desa Amblas Sepanjang 100 Meter Resahkan Warga Cianjur

JABARNEWS | CIANJUR – Aktivitas sejumlah warga Kampung Bojongkasih, Desa Sindangsari, Kecamatan Kadupandak Kabupaten Cianjur terganggu akibat pergerakan tanah yang menyebabkan jalan desa sepanjang 100 meter amblas sedalam satu meter, sehingga tidak dapat dilalui kendaraan.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Cianjur, Jawa Barat, mencatat pergerakan tanah kembali terjadi di Cianjur. Mereka khawatir terjadi bencana susulan mengingat curah hujan masih tinggi.

Sekretaris BPBD Cianjur Irfan Sofyan mengatakan, sebagian besar kontur tanah di wilayah Kadupandak sangat labil, sehingga sangat rawan terjadi bencana alam pergerakan tanah dan longsor seiring hujan yang turun deras dengan intensitas tinggi.

Baca Juga:  Bandara Kertajati Resmi Gantikan Bandara Husein Bandung, Ini Rute Penerbangannya

“Saat ini jalan desa tersebut tidak dapat dilalui kendaraan dan aktivitas warga terganggu. Kendaraan dialihkan ke jalan alternatif melalui Desa Bojongkasih, untuk warga yang akan melakukan aktifitas mendesak,” ujarnya saat dihubungi Minggu (13/1/2020).

Pihaknya telah menyiagakan petugas dan relawan tangguh bencana untuk siaga dan waspada guna melakukan penanganan cepat saat terjadi hal yang tidak diinginkan.

Baca Juga:  Gasak Uang Puluhan Juta, Begini Kronologi Perampokan Minimarket Manonjaya Tasikmalaya

“Meskipun hanya satu garis retakan yang terjadi, namun celahnya cukup besar dan dalam. Tidak hanya jalan desa, area pesawahan di wilayah tersebut terancam gagal panen. Kami siagakan anggota dan relawan untuk melakukan berbagai upaya termasuk mengevakuasi warga saat pergerakan tanah melanda perkampungan,” katanya.

Ia menambahkan sebelumnya pergerakan tanah juga terjadi di Kampung Cibolang, Desa Wargaasih, Kecamatan Kadupandak, yang menyebakan irigasi jebol sehingga satu hektare area pesawahan terancam gagal panen dan satu rumah rusak.

Baca Juga:  Arus Lalin di Puncak Bogor Ramai Lancar, Polisi Lakukan Ini Guna Antisipasi Lonjakan

“Relawan sudah melakukan pendataan dan meminta warga untuk segera mengungsi ketika pergerakan tanah terus meluas dan mulai mengancam perkampungan. Untuk saat ini laporan sementara pergerakan tanah yang terjadi masih jauh dari perkampungan,” katanya.

Pihakya mengimbau warga untuk segera berkoordinasi dengan aparat atau petugas Relawan Tangguh Bencana agar dapat langsung ditangani saat hendak mengungsi atau mendapat informasi secara rinci terkait pergerakan tanah yang terjadi. (Ara)