bjb

Yuk Intip Sopo Dan Ruma Merupakan Rumah Adat Berusia Ratusan Tahun

Salah satu Sopo di Desa Bulbul, Toba Samosir berusia ratusan tahun. (Foto: Putra/Jabarnews)

JABARNEWS | TOBA SAMOSIR - Di Pulau Samosir, Danau Toba, kita akan banyak melihat Sopo, rumah adat Batak. Sopo dan Ruma (rumah) di tanah Batak Toba merupakan rumah panggung yang didirikan dengan bahan kayu dan atap berbentuk khusus yang telah usianya mencapai dua ratus tahun lebih.

Pantauan jabarnews.com, di Dusun 1, Desa lumban Bilbul, Kecamatan balige, Kabupaten Toba samosir, Sumatera Utara hanya terlihat ada 5 bangunan Sopo dan ruma. Bangunan sejarah tersebut kini menjadi salah satu destinasi wisata sejarah Kabupaten Toba Samosir.

Baca Juga:

Arus Lalin di Lokasi Wisata Danau Toba Ramai Lancar

PT Aquafarm Nusantara Sulap Kotoran Ikan Tilapia Jadi Pupuk



Walaupun bentuk hampir sama namun perbedaan antara sopo dan ruma. Sopo memiliki pintu dengan anak tangga dibagian depan dan dibangun berlantai 3. Lantai dua tidak memiliki kamar digunakan sebagai ruang pertemuan sementara lantai 3 sebagai tempat menyimpan hasil panen berupa padi.

Sementara ruma tidak terlihat pintu dibagian depan. Sementara pintu rumah disekitar lantai dengan memiliki anak tanggal bawah lantai serta mempunyai 1 kamar digunakan sebagai tempat tinggal keluarga. Sementara itu rumah tidak memiliki tambahan tingkat didalam seperti Sopo.
Halaman selanjutnya
Tags : Pulau Samosir Danau Toba Rumah Adat Batak Sopo dan Ruma Penyimpanan Hasil Bumi Dinas Kominfo Pemkab Toba Samosir Jabarnews Berita Jawa Barat Berita Terkini Berita Lokal Berita Hiperlokal

berita terkait

Perlombaan Solu Bolon Turut Meriahkan di Festival Danau Toba

Warga Mancanegara Kagum Lihat Ulos Godang Tapanuli Selatan

Gubernur Sumut Buka Festival Danau Toba Ke 7

SEREMONIA







Persib

Berita Populer

Berita Terkini

Mang Jabar

jabarnews tv

tag populer

unduh aplikasi