Inilah Sebab Pori-pori Wajah Besar dan Cara Mengecilkannya

JABARNEWS | BANDUNG – Beberapa cara dapat dilakukan untuk membuat pori-pori wajah yang besar dan membuatnya kecil. Penuaan juga menjadi penyebab membesarnya pori-pori di wajah.

Menurut ahli kulit dari Dermveda mengatakan penyebab pembesaran pori-pori wajah adalah ketika Anda tidak memakai perlindungan yang cukup terhadap sinar matahari. Sinar UV memiliki dampak negatif pada kolagen yang berfungsi untuk menjaga pori-pori tetap kencang.

Kemudian penuaan juga menjadi penyebab membesarnya pori-pori di wajah. Seiring bertambahnya usia, produksi kolagen di kulit cenderung berkurang. Berkurangnya kolagen tentu saja meningkatkan ukuran pori-pori.

Baca Juga:  Bencana Longsor Terjadi Cisarua Bogor, Satu Orang Tertimbun

Seiring bertambahnya usia, produksi kolagen di kulit cenderung berkurang. Berkurangnya kolagen tentu saja meningkatkan ukuran pori-pori.

Terakhir adalah adanya trauma. Ketika Anda memencet jerawat atau komedo, pori-pori Anda bisa melebar.

Para ahli menyarankan agar pori-pori wajah agar menjadi kecil dan sehat, perlu menggunakan pelembab dan riasan non-comedogenic. Ini adalah produk yang diformulasikan dengan hati-hati agar tidak menyebabkan penyumbatan pori-pori.

Baca Juga:  HMI Purwakarta Kutuk Kekerasan Terhadap Muslim Rohingya

Ahli kecantikan kulit juga menyarankan agar Anda menghindari penggunaan minyak mineral dan produk-produk dengan bahan-bahan berat di wajah karena dapat dengan mudah mengiritasi pori-pori dan membuatnya lebih besar.

Wajah juga harus selalu dicuci bersih sebelum tidur, apalagi setelah mengenakan riasan. Selain itu, wajah yang mudah berkeringag juga jarus selalu dibersihkan, karena keringat dapat membawa mineral dan kotoran yang menyumbat pori-pori.

Baca Juga:  Inilah Penyebab Paha Besar Dan Tips Untuk Mengatasinya

Terakhir, cobalah untuk melakukan eksfoliasi dengan menggunakan scrub alami untuk mengangkat sel kulit mati yang bisa menyumbat pori-pori Anda.

Para ahli merekomendasikan pengelupasan kulit atau eksfoliasoli perlu dilakukan setiap hari pada kulit yang tidak sensitif. Sementara untuk kulit sensitif disarankan melakukan eksfoliasi dua atau tiga kali dalam seminggu. (Ara)