Simak! Berikut Ini Anjuran Cara Terapkan Gaya Hidup Sehat

JABARNEWS | BANDUNG – Dalam menerapkan gaya hidup sehat, salah satunya adalah melakukan pemeriksaan medis menyeluruh (medical check-up atau MCU) untuk mengetahui kondisi tubuh.

Hal tersebut seperti apa yang di ungkapkan dokter spesialis penyakit dalam dari rumah sakit St. Carolus, Jakarta dr. Laurentius Aswin Pramono untuk menerapkan gaya hidup sehat maksimal.

Dia menganjurkan pemeriksaan kesehatan dasar melingkupi pemeriksaan kadar gula darah, kolestrol dan ini dilakukan setahun sekali. Untuk perempuan biasanya ada pilihan tambahan yakni pemeriksaan payudara dan pap smear.

Baca Juga:  Tiga Orang Spesialis Pencuri Pick Up Berhasil Dibekuk Polisi Purwakarta

“Ada paketnya, cukup paket yang dasar termasuk laboratorium, pemeriksaan gula darah, kolestrol, ginjal. Setahun sekali (dilakukan). Kita bisa tanya ke dokter umum dan spesialis penyakit dalam,” kata dia dalam konferensi pers “PruTotal Critical Protection” di Jakarta, Senin (12/01/2020).

Menurut Aswin, mereka yang berusia muda misalnya usia 23 tahun ke atas bisa mulai menjalani pemeriksaan ini. Perkiraan biaya yang perlu dikeluarkan untuk pemeriksaan ini sekitar Rp1 juta.

Baca Juga:  Upacara Hardiknas Digelar, Guru Berteduh Di Bawah Pohon

Selain MCU, beraktivitas fisik rutin secara serius juga perlu dilakukan. Sekedar berjalan kaki atau jalan-jalan.

Badan Kesehatan Dunia (WHO) merekomendasikan orang-orang dewasa berusia 18-64 tahun beraktivitas fisik 150 menit intensitas sedang setidaknya 150 menit dalam seminggu. Agar ini tercapai, seseorang bisa melakukan 30 menit aktivitas fisik lima kali dalam seminggu.

Hal lain yang perlu diperhatikan, pemilihan makanan bergizi bukan asal kenyang, mengelola stres, tidak merokok dan cukup istirahat.

Baca Juga:  Ribuan Bobotoh Kepung Markas Persib Bandung, Rene Out Semakin Menggema

“Makan sembarang, stres, merokok, enggak aware kesehatan. Sakit baru panik,” tutur Aswin.

Untuk diketahui, studi dari Harvard T.H. Chan School of Public Health menunjukkan, penerapan gaya hidup sehat, setidaknya dalam lima hal, dapat memperpanjang harapan hidup hingga 14 tahun untuk wanita dan 12 tahun untuk pria.

Kelima hal yang dimaksud yakni: konsumsi sayuran, buah dan makanan rendah lemak, beraktivitas fisik tingkat sedang hingga berat selama beberapa jam dalam seminggu. (Ara)