aqua

Tingkatkan Produktivitas, JK Sebut Perlu Efisiensi dan Efektivitas

Banyak negara makmur tetapi memiliki kekayaan kekayaan alam terbatas, juga sebaliknya.

Muhammad Jusuf Kalla, di depan Aula Barat ITB, jalan Ganesha no 10, Bandung, Senin (13/1/2020).(Foto: Rian/JabarNews)

JABARNEWS | BANDUNG - Tokoh Nasional, Muhammad Jusuf Kalla (JK) mengatakan dalam meningkatkan produktivitas di sektor swasta maupun di pemerintahan perlu adanya pertimbangan, efisiensi, dan efektivitas, karena kebijakan yang salah dapat menghambat kemakmuran dan kesejahteraan.

"Ada negara berpopulasi besar yang makmur, ada juga yang miskin. Hal yang sama juga terjadi pada negara berpopulasi kecil," ujar JK, saat memaparkan orasi ilmiahnya di Aula Barat ITB, jalan Ganesha no 10, Bandung, Senin (13/1/2020).

Baca Juga:

Dedi Mulyadi Dikunjungi Keluarga Pria Berkaki Satu yang Pernah Ditolongnya

HUT Ke-69 Humas Polri, Ini Harapan Kapolri



Ia mengatakan, saat ini Produk Domestik Bruto (PDB) per-kapita menunjukkan data yang tidak adanya kaitan yang kuat antara jumlah populasi dengan tingkat kemakmuran.

Faktanya, lanjut JK, tidak adanya kolerasi yang kuat antara letak geografis suatu negara dengan tingkat kemakmuran sehingga menyebabkan kekayaan alam bukan jaminan kesejahteraan.

"Banyak negara makmur tetapi memiliki kekayaan kekayaan alam terbatas. Juga sebaliknya, banyak negara yang kaya dengan sumber daya alam, tetapi justru gagal mewujudkan kemakmuran," paparnya.
Halaman selanjutnya 1 2
Tags : Orasi Ilmiah JK Tokoh Nasional Muhammad Jusuf Kalla ITB Mantan Wapres RI Kota Bandung Jabarnews Berita Jawa Barat Berita Terkini Berita Lokal Berita Hiperlokal

berita terkait

Kapolri: Operasi Zebra 2020 Utamakan Edukasi

Persib

Berita Populer

Berita Terkini

Mang Jabar

jabarnews tv

tag populer

unduh aplikasi