Berkendara di Musim Hujan? Inilah Pesan Satlantas Polres Purwakarta

JABARNEWS | PURWAKARTA – Musim penghujan 2020, Kapolres Purwakarta AKBP Matrius melalui Kepala Satuan Lalulintas (Kasat Lantas) AKP Zanuar Cahyo Wibowo mengimbau pengguna jalan untuk berhati-hati

“Saat ini sudah masuk musim penghujan. Jadi, harus lebih hati-hati karena, ketika hujan lebat, jarak pandang terbatas. Ingat, jaga jarak kendaraan dan kecepatan!” kata Zanuar saat ditemui di Mapolres Purwakarta, Kamis (9/1/2020).

AKP Zanuar menambahkan, musim hujan mengakibatkan munculnya banyak genangan air yang dapat menutupi jalan. Konsekuensi musim hujan, jalan akan lebih banyak berlubang karena tergerus arus air.

Baca Juga:  Rizal Ramli Siap Maju di Pilpres 2024, Bamus Sunda Beri Dukungan

“Saat kecepatan tinggi, genangan air juga dapat menimbulkan gejala aquaplanning, yakni terjadi hilangnya kontak ban dengan permukaan jalan sehingga kendaraan menjadi tidak stabil,”ujar Kasatlantas.

Selain itu, Kasatlantas juga mengimbau kepada pengendara sepeda motor agar menghindari menggunakan jas hujan yang panjang.

Menurutnya, jas hujan yang panjang rawan terlilit jari-jari roda sepeda motor, sehingga dapat membahayakan pengendara dan dapat mengakibatkan kecelakaan lalulintas‎.

Baca Juga:  Motor Adu Banteng di Pematangsiantar, 2 Pengendara Tewas

“Sudah sering terjadi, jas hujan yang panjang terlilit jari-jari roda sepeda motor. Hal ini dapat membahayakan pengendara, bisa terjatuh. Karena itu kami imbau, lebih baik ketika mengendarai motor saat hujan, maka gunakan jas hujan yang berbentuk celana dan jaket. Itu lebih aman dibandingkan jika menggunakan jas hujan yang panjang,” ujarnya.

Baca Juga:  Korban Meninggal Dunia Kecelakaan Maut Bus Pariwisata di Ciamis Bertambah Jadi Empat Orang

Ia juga menambahkan, pengendara jangan justru berlomba-lomba memacu kecepatan kendaraan saat turun hujan. Kemudian jika ingin menepi untuk mengenakan mantel atau jas hujan, pastikan di posisi dan lokasi yang aman. Terutama yang tak kalah penting adalah patuhi tata tertib berlalulintas.

“Namun, kami terus meningkatkan intensitas patroli di ruas jalan yg rawan. Patuhi tata tertib berlalu lintas dan perhatikan kelengkapan motor,” terangnya. (Gin)