Tahun Ini Tol Cigatas Segera Dibangun

JABARNEWS | BANDUNG – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) bersiap memulai pembangunan jalan Tol Cileunyi-Garut-Tasikmalaya (Cigatas). Adapun Tol Cigatas merupakan bagian dari Tol Gedebage-Tasikmalaya-Cilacap.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono menyampaikan, pemerintah akan melakukan percepatan dalam pembangunan ruas tol ini. Nantinya tak ada proses prakualifikasi, melainkan proyek langsung ditender.

Baca Juga:  Kompolnas Soal Keterlibatan Tiga Anggota Polisi dalam Kasus Pembunuhan di Subang

“Dipercepat, mau tender. Ini sudah siap, kalau di Perpres-nya ini harus ada prakualifikasi dulu. Ini akan lama makanya saya sudah minta ke Menko Maritim ini tidak usah prakualifikasi langsung saja,” kata Basuki, di Kampus ITB Bandung, Senin (13/1/2020).

Dia menargetkan, pelaksanaan groundbreaking ruas jalan tol ini dapat dilakukan pada akhir 2020. Adapun Tol Cigatas merupakan salah satu Proyek Strategis Nasional (PSN).

Baca Juga:  Kesal Makanan Dikerubungi Semut, Suami Tega Siram Air Panas ke Istri

Sementara untuk ruas Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu), menurut Basuki ditarget selesai seluruhnya pada 2021. Sejauh ini hambatan dalam pembangunan ruas tol itu adalah pembebasan lahan.

Baca Juga:  Yuk, Kenali Risiko Tertular Covid-19 Saat Berpergian ke Luar Rumah

“Jadi kami sudah petakan ini. Karena itu Tol Cisumdawu kan hanya karena pembebasan lahan saja masalahnya,” kata Basuki.

Dia mengatakan pembangunan jalan tol itu tergolong mendesak lantaran terkait dengan rencana pada 2020 akan dimulai penerbangan ibadah haji dari Bandara Kertajati, Kabupaten Majalengka. (Ara)