Air Sungai Meluap, Rendam Ratusan Rumah Warga di Cirebon

JABARNEWS | CIREBON – Hujan deras yang melanda Kota Cirebon menyebabkan arus sungai di di Kelurahan Kalijaga, Kota Cirebon, Jawa Barat meluap sehingga menimbulkan genangan. Akibatnya, air sungai meluap hingga merendam permukiman warga.

Wali Kota Cirebon Nasrudin Azis di Cirebon mengatakan, hujan dengan intensitas tinggi yang terjadi di Kota Cirebon mengakibatkan sungai meluap dan menyebabkan ratusan rumah terendam banjir.

Baca Juga:  Jalan Provinsi di Tanggeung Cianjur Amblas, Kendaraan Besar Dialihkan

“Secara pasti kita belum bisa menghitung (jumlah rumah terendam banjir), tetapi sekitar ratusan,” ujarnya, Senin (13/1/2020) malam.

Azis mengatakan Kelurahan Kalijaga, Kecamatan Harjamukti, Kota Cirebon, memang sering banjir, karena banyak sungai yang melintasi kawasan tersebut. Ketinggian air yang merendam ratusan rumah warga di Kelurahan Kalijaga tersebut di kisaran 50 sampai dengan 100 centimeter.

Baca Juga:  Diduga Korupsi Dana Desa Rp 884 Juta, Kades Bumiwangi Ciparay Ditahan

“Kelurahan Kalijaga yang paling parah terkena banjir. Karena memang Kelurahan Kalijaga banyak dialiri sungai yang menuju arah hilir,” jelasnya.

Dia memastikan tidak ada korban dalam musibah banjir kali ini, semua dalam keadaan selamat dan sehat. Warga saat ini dievakuasi ke tempat yang lebih aman, lanjutnya.

Baca Juga:  Kebakaran Rumah di Cianjur Tewaskan Seorang Nenek

“Alhamdulillah tidak ada korban jiwa, bahkan orang tua yang jompo, sakit dan anak-anak berhasil kami evakuasi,” katanya.

Azis memastikan semua warga yang rumahnya terendam banjir telah dievakuasi oleh tim SAR gabungan, karena memang fokus penanganan pertama adalah mengevakuasi warga. (Ara)