Deretan Bencana Alam yang Tercatat BPBD Cianjur Selama Januari

BPBD Cianjur menghimbau masyarakat berwaspada karena hujan intensitas tinggi diprediksi masih berlangsung hingga bulan Februari

Sekertaris, BPBD Kabupaten Cianjur, Dr Irfan Sofyan. (Foto: Mul/Jabarnews)

JABARNEWS | CIANJUR - Badan Penanggungan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Cianjur, Jawa Barat mencatat belasan kejadian bencana alam sepanjang Januari 2020.

"Bencana itu berupa pergerakan tanah, tanah longsor, puting beliung, pohon tumbang dan lainnya," jelas Kepala BPBD Kabupaten Cianjur, melalui Sekertaris, Dr Irfan Sofyan. Selasa (14/1/2020).

Baca Juga:

Tebing Longsor, Warga Sindanglaya Cianjur Kesulitan Air Bersih

BPBD Sebut 20 Kecamatan Di Kuningan Masuk Daftar Zona Bencana Alam



Ia menyebutkan paling banyak kejadian pergerakan tanah, karena melihat kondisi saat ini musim hujan. Belum lagi warga yang bermukim tinggal di dekat hutan atau bukit yang rawan akan tanah longsoran.

Pihaknya telah mengimbau kepada masyarakat, karena diketahui intensitas hujan cukup tinggi hingga bulan Februari 2020, sehingga masyarakat untuk lebih waspada dan hati-hati, lebih fokus terhadap sekelilingnya atau sekitar wilayahnya tinggal.

"Perlu diketahui juga kepada masyarakat, atas apa namanya tanggung jawab, seperti Plt Bupati Cianjur, Suherman, Itu sebelumnya kemarin, pada tanggal 5 Desember 2019 telah membentuk relawan tangguh bencana (Retana)” jelasnya, menurut dia dimana setiap desa ada lima orang siap siaga menolong laporan, bila ada hal atau kontek lain tidak diharapkan terjadi, Selasa (14/1/2020).
Halaman selanjutnya 1 2
Tags : Bencana Alam BPBD Cianjur Mitigasi Bencana Forum Pimpinan Daerah Cianjur Dandim Cianjur Jabarnews Berita Jawa Barat Berita Terkini Berita Cianjur

berita terkait

Bencana Pergeseran Tanah di Sukabumi Kian Parah

Selamat Jalan Pak Sutopo

Persib

Berita Populer

Berita Terkini

Mang Jabar

jabarnews tv

tag populer

unduh aplikasi