KAI: Rencana Uji Coba Jalur Rel Cibatu Garut Akhir Januari

JABARNEWS | GARUT – Reaktivasi jalur rel kereta api dari Stasiun Cibatu sampai Stasiun Garut di Kabupaten Garut, Jawa Barat, direncanakan akan diuji coba rel pada akhir Januari 2020.

Manajer Humas PT Kereta Api Indonesia Daop 2 Bandung, Noxy Citra mengatakan PT KAI saat ini sudah memasang rel kereta api di kawasan Stasiun Garut dan memasang rel di perlintasan jalan seperti Jalan Sudirman.

Baca Juga:  Pengedar Ganja Asal Karo Ditangkap Saat Duduk Di Warung Tuak

“Mudah-mudahan akhir Januari (2020) sudah bisa dilaksanakan uji coba dari Stasiun Cibatu ke Stasiun Garut,” ujar Citra, Selasa (14/01/2020).

Ia menyampaikan, selama ini tahapan yang sedang diselesaikan yakni menertibkan ratusan bangunan di dua kelurahan di Kecamatan Garut Kota atau sepanjang lintasan rel sekitar 8 KM.

Pembongkaran itu, kata dia, sudah terlebih dahulu direncanakan sejak Desember 2019 dengan terlebih dahulu memberikan surat pemberitahuan untuk mengosongkan bangunan di tanah milik PT KAI.

Baca Juga:  Pembangunan Teras Cihampelas Tahap 2 akan Kembali Dilanjutkan

“Kami sudah melalukan sosialisasi dan pendataan, tercatat ada 112 kepala keluarga yang terdampak penertiban,” katanya.

Sementara itu, kawasan Stasiun Garut sudah tampak jalur rel dan penataan bangunan stasiun maupun bangunan penunjang lainnya.

Seorang warga Garut Ikbal mendukung adanya reaktivasi jalur kereta api Stasiun Garut-Cibatu agar masyarakat Garut dengan mudah bepergian ke Bandung maupun ke daerah lainnya.

Baca Juga:  Yana Mulyana Kena OTT KPK, KAMMI Bandung Desak Tindakan Korupsi di Kota Bandung Diusut Tuntas!

“Mudah-mudahan secepatnya bisa beroperasi agar warga Garut bisa menggunakan kereta api untuk pergi ke kota lain,” katanya.

Sebelumnya, jalur kereta api Garut-Cibatu sudah tidak aktif sejak 1982, bahkan beberapa lokasi di jalur tersebut sudah banyak bangunan rumah penduduk.

Namun saat ini bangunan sepanjang jalur rel itu sudah ditertibkan dan terbentang rel kereta api menghubungkan Kecamatan Cibatu dengan Garut Kota. (Ara)