Siang Ini Driver Ojol Gelar Demo Besar-Besaran di Jakarta

JABARNEWS | BANDUNG – Sejumlah pengemudi ojek online (ojol) yang tergabung dalam Gabungan Aksi Roda Dua (Garda) Indonesia berencana untuk menggelar aksi yang digelar di berbagai wilayah siang ini Rabu (15/1/2020).

Ketua Gabungan Aksi Roda Dua (GARDA) Indonesia Igun Wicaksono mengatakan aksi tersebut bertujuan untuk menuntut tiga hal utama kepada pemerintah selaku regulator.

“Pertama, berikan ojol legalitas, lalu evaluasi tarif ojol se-Indonesia, dan batasi penerimaan ojol di kota/daerah yang sudah terlalu padat ojol,” bebernya.

Baca Juga:  Masih Ingat Video Porno Kabaya Merah? Ini Babak Baru Kasusnya

Aksi itu akan dimulai pada pukul 13.00 WIB, dengan titik kumpul Parkir IRTI Monas. Mulai pukul 15.00 WIB, mereka direncanakan melanjutkan jalan kaki sampai depan Istana Merdeka untuk berorasi hingga pukul 16.30 WIB.

“Mari Jabodetabek mengawal rekan-rekan kita yang sedang memperjuangkan payung hukum (legalitas) bagi driver ojek online,” kata Igun dalam keterangan tertulisnya.

Baca Juga:  Polisi Tangkap Pelaku Penipuan Sertifikat Tanah di Cicurug Sukabumi

Para pengemudi ojek daring akan melakukan perjalanan dengan jalan kaki (longmarch) mulai dari Balai Kota DKI Jakarta bergerak menuju ke Kementerian Perhubungan RI di Jalan Medan Merdeka Barat hingga pukul 15.00 WIB.

Aksi Ojol Nusantara Bergerak juga akan dilangsungkan pada keesokan harinya di DPR RI pada Kamis (16/1/2020).

Menanggapi hal tersebut, Kapolres Metro Jakarta Pusat Kombes Pol Heru Novianto mengatakan sebanyak 2.040 personel keamanan diturunkan untuk mengawal aksi oleh para pengemudi ojek daring bertajuk Aksi Ojol Nusantara Bergerak.

Baca Juga:  Lima Kampung di Cikupang Tasikmalaya Diterjang Longsor

“Benar, sebanyak 2.040 personel gabungan TNI-Polri akan mengamankan aksi itu,” kata Heru saat dihubungi.

Jumlah personel tersebut disesuaikan dengan pemberitahuan yang masuk mengenai massa aksi yang diperkirakan mencapai 5.000 orang dan akan memadati kawasan Kementerian Perhubungan RI hingga di titik puncak depan Istana Merdeka. (Red)