Polres Sergai Gelar Apel Siap Siaga Penanggulangan Bencana

JABARNEWS | SERDANG BEDAGAI – Polres Serdang Bedagai menggelar apel kesiagaan penanggulangan bencana alam Kabupaten Serdang Bedagai dilaksanakan dihalaman Mapolres Serdang Bedagai, Rabu (15/1/2020).

Kapolres Serdang Bedagai AKBP Robinso Simatupang dalam arahannya mengatakan, apel ini bentuk kesiagaan Pemkab Serdang Bedagai dalam kesiapan menghadapi bencana alam yang akan terjadi di kabupaten Serdang Bedagai.

“Kita tidak dapat memastikan kapan bencana datang, namun kita harus melatih kemampuan dalam menghadapinya bukan saling lempar tanggung jawab,” ucapnya.

Baca Juga:  DPRD Jabar: Sekolah Swasta di Cimahi Sepi Peminat, Terancam Tutup!

Ditempat terpisah, Kabid Pencegahan dan Kesiap siagaan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Serdang Bedagai Hj Mora Montana pada jabarnews.com mengatakan, penanggulangan bencana tanggung jawab bersama karenanya tidak terpisahkan dalam menghadapi bencana yang bisa kapan saja terjadi.

Baca Juga:  Mengenang Kisah Si Gondrong Hariono Legenda Persib Bandung

“Apel ini bentuk kesiagaan dalam menanggulangi apabila terjadi bencana alam,” katanya.

Ia menjelaskan, untuk daerah rawan banjir di Kecamatan  Sei Rampah, Bandar Khalifan dan Tebing Tinggi. Untuk bencana longsor di Kecamatan Sipis-pis. Paling dominan bencana alami angin puting beliung disekitar pesisir pantai dan beberapa daerah lainnya.

“Daerah rawan angin puting beliung kecamatan Pantai Cermin, Tanjung Beringin, Bandar Khalifah, Perbaungan, Dolok Masihul, Sei Bamban,” ucap Mira.

Baca Juga:  Dikira UFO, Benda Terbang Ini Gegerkan Warga Ciamis

Dikatakannya, ada seratusan tenaga dalam membantu apabila terjadinya bencana alam terdiri dari satgas, Tagana dan relawan dengan dibantu perlengkapan seperti kenderaan oeprasional, perahu karet, perahu fiber, tenda darurat, dapur umum.

“Semua ini selalu disiagakan dalam mengantisipasi apabila terjadinya bencana alam,” tutupnya. (CR3)