Lagi, Rumah Rusak Akibat Pergeseran Tanah di Tambaksari Ciamis

JABARNEWS | CIAMIS – Rumah rusak akibat tidak kuasa menahan beban bencana alam pergeseran tanah di Kecamatan Tambaksari, Kabupaten Ciamis, pada tahun 2019 kini kian bertambah, Rabu (15/1/2020).

Camat Tambaksari, Dadang Heriyana mengatakan, rumah rusak kini menimpa rumah Nono Karsono (45), warga Dusun Cibogo RT02 RW 09, Desa Kadupandak, Kecamatan Tambaksari, Kabupaten Ciamis.

Baca Juga:  PT BPR Intan Jabar sedang Bermasalah, Pemda Garut Diingatkan Soal Ini

“Rusaknya rumah tersebut terjadi sekitar pukul 15.00 WIB,” kata Dadang Heriyana, melalui sambungan telepon, Rabu (15/1/2020).

Sebelumnya, rumah tersebut, kata dia, sudah mengalami retakan diberbagai dinding rumah, karena bencana pergeseran tanah yang terjadi pada Tahun 2019.

Baca Juga:  Kades Petahana Banyak yang Kalah, Perombakan Perangkat Desa di Purwakarta Mulai Mencuat

“Ditambah guyuran hujan deras yang terus mengguyur, akibatnya pondasi rumah tersebut tidak kuasa menahan beban,” ujarnya.

Dadang mengaku, akibat peristiwa tersebut beruntung tidak menimbulkan korban jiwa ataupun luka-luka, namun untuk antisipasi hal yang tidak diinginkan, pemilik rumah diminta untuk mengungsi ke rumah yang lebih aman.

Baca Juga:  TTSC Tebing Tinggi Bantu Warga Terdampak Pandemi di Serdang Bedagai

Sementara, Nono mengaku syok ketika melihat sebagian rumahnya ambruk, akibat bencana pergeseran tanah yang terjadi pada Tahun 2019, disertai hujan deras.

“Dengan kondisi seperti ini saya tidak dapat bisa berbuat banyak, hanya bisa pasrah,” singkatnya. (Tny)