Pembangunan Cisumdawu, Exit Tol Purbaleunyi Arah Garut-Tasik Direkayasa

JABARNEWS | BANDUNG – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) VI berkerja sama dengan Korps Lintas Polri, Ditlantas Polda Jabar dan Dinas Perhubungan Jawa Barat.

Hal tersebut dilakukan dalam rangka menunjang pembangunan jalan bebas hambatan Cisumdawu untuk memberlakukan rekayasa lalu lintas dari arah exit Tol Purbaleunyi menuju arah Garut-Tasik.

“Rekayasa lalu lintas akan dimulai pada 15 Januari 2020 sampai 13 Mei 2020, rekayasa lalu lintas tersebut dilakukan untuk menunjang pembangunan underpass jalan bebas hambatan Cisumdawu dan meminimalisis dampak kemacetan lalu lintas,” kata Kepala BBPJN VI, Hari Suko Setiono, di Simpang Cileunyi, Bandung, Rabu (15/1/2020).

Proses rekayasa lalulintas di Simpang Cileunyi tidak mendadak atau ujug-ujug dilaksanakan. Melainkan sebelumnya sudah lama dibuat analisanya, kemudian dampak lalulintasnya.

Baca Juga:  Dalam 2 Jam Pasutri Ini Hasilkan 360 Botol Miras Oplosan

“Amdal lalinnya diproses sudah lama, dibahas dan disahkan sesuai dengan ketentuan. Selain itu dilaksanakan rapat koordinasi dengan semua stakeholder yang ada. Tentunya sudah ada masukan berharga menyusun rekayasa lalulintas ini,” ucapnya.

Dia menjelaskan, pengerjaan Underpass jalan bebas hambatan Cisumdawu sudah dikerjakan beberapa waktu kebelakang. Sehingga untuk sekarang dan kedepannya akan diselesaikan dalam waktu dekat.

“Perkembangan sekarang sudah mencapai 77,58%, sesi satu mencapai 57% dan sesi kedua mencapai 77%,” ungkapnya.

Sementara itu, Dirlantas Polda Jabar Kombes Pol Eddy DJ akan terus mensosialasikan kepada masyarakat untuk paham terhadap rekayasa lalu lintas tersebut, sehingga akan memudahkan masyarakat.

Baca Juga:  Warga Alami Krisis Air Bersih, Polres Purwakarta Kirimkan Bantuan

“Kita juga nanti akan ada famplet-pamflet yang akan kita sebarkan pada pintu Tol Purbaleunyi sehingga wasyarakat yang keluar dari Tol akan tahu jalu-jalur mana yang harus dilalui,” ujarnya.

Eddy berharap, masyarakat luas akan melihat dan lebih tahu serta paham dengan adanya rekayasa lalulintas di Simpang Raya karena ada pembangunan Underpass Tol Cisumdawu yang merupakan proyek strategis nasional.

“Kepada instansi lain dan masyarakat untuk selalu mendukung underpass ini, Kami siap melakukan dan mendukung pengamanan material, apalagi didukung sepenuhnya oleh Kapolresta Bandung. Petugas akan terus menerus dan memonitor rekayasa lalulintas di Simpang Cileunyi. Mengharapkan dukungan instansi lainnya,” tutupnya.

Rute Rekayasa Lalu Lintas Simpang Cileunyi.

1. Pengendara dari arah exit Tol Purbaleunyi akan diarahakan berbelok kiri melepati Pasar Sehat Cileunyi:

-Jika di pertigaan tugu Cileunyi berbelok kearah kiri, itu arah menuju Cibiru-Kota Bandung.

-Jika di pertigaan tugu Cileunyi berbelok kanan dan lurus itu menuju ke Sumedang-Cirebon.

-Jika di pertigaan tugu Cileunyi lurus dan berbelok kekanan itu menuju Garut-Tasikmalaya.

Baca Juga:  Polres Subang Terus Imbau Masyarakat Agar Patuhi 3M, Dengan Cara Ini

2. Pengendara dari arah exit Tol Cileunyi menuju arah Garut-Tasik telah disiapkan jalur kontraplu pada simpang Cileunyi. Sehingga dapat berbelok langsung kearah kanan menuju jalan Raya Cipacing-Rancaekek.

3. Pengendara dari arah Jatinangor-Sumedang menuju gerbang pintu Tol Cileunyi dan Cibiru-Kota Bandung pada simpang Cileunyi akan diarahkan berbelok kiri terlebih dahulu menuju arah Jalan Raya Cipacing-Rancaekek. (Rnu)