Sejumlah Palang Pintu KA Bakal Dipasang Pemkab Garut

JABARNEWS | GARUT – Sebanyak sembilan palang pintu perlintasn kereta api akan dibangun Pemerintah Kabupaten Garut, Jawa Barat, guna memberikan rasa aman kepada masyarakat pengguna kendaraan bermotor saat melitas di jalur rel tersebut.

Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Garut, Suherman mengatakan PT Kereta Api Indonesia sejak 2019 sudah mulai melakukan pembangunan jalur rel kereta api mulai dari Stasiun Cibatu di Kecamatan Cibatu sampai Stasiun Garut di Kecamatan Garut Kota.

Baca Juga:  Maling Motor di Binjai Ditangkap dalam Barak di Deli Serdang

“Kita akan bangun palang pintu perlintasan kereta, jumlahnya ada sembilan perlintasan,” ujar Suherman (15/01/2020).

Ia menambahkan, proyek reaktivasi kereta api di Garut, sudah hampir selesai pembangunan jalur rel maupun stasiunnya yang direncanakan sudah bisa dilintasi kereta api pada Februari 2020.

“Rencananya Februari ini sudah bisa,” katanya.

Baca Juga:  Panwascam Pagaden Gelar Pres Rilis Sampaikan Progres Pengawasan Masa Tenang Pemilu 2024

Ia menyampaikan, Pemkab Garut sudah melakukan persiapan untuk mendukung reaktivasi kereta api tersebut dengan mempersiapkan rambu-rambu maupun palang pintu di jalur perlintasan kereta api.

“Pemkab Garut sangat mendukung reaktivasi kereta api sehingga kami menyiapkan berbagai fasilitas penunjangnya,” kata Suherman.

Sebelumnya, jalur rel kereta api Stasiun Cibatu-Garut sampai Cikajang sudah tidak aktif melayani transportasi masyarakat sejak 1982.

Baca Juga:  Dedi Mulyadi, Beripesan untuk Tri Suaka dan Zinidin Zidan agar Hidup Bersikap Bijak

Selanjutnya, PT KAI bersama pemerintah pusat, Provinsi Jabar dan Pemkab Garut membangun kembali jalur kereta api itu untuk menunjang kebutuhan transportasi massal.

PT KAI mulai membuka jalur rel sepanjang 19km itu pada awal 2019 dengan memasang dan memperbaiki kondisi rel kereta api, termasuk bangunan stasiun dan bangunan penunjang lainnya. (Ara)