Konservasi Lingkungan, Upaya Pemkab Garut Cegah Bencana Alam

JABARNEWS | GARUT – Sebagai negara yang terletak tepat di tengah garis khatulistiwa, Indonesia dianugerahi berbagai macam keindahan alam. Mulai dari bervariasinya flora dan fauna, terbentangnya ribuan kepulauan, hingga luasnya hamparan hutan hujan tropis. Namun, dari segala keindahan yang tedapat di negeri ini, tersembunyi pula berbagai ancaman berupa bencana alam. Terlebih, bila musim hujan datang.

Pemerintah Kabupaten Garut, Jawa Barat, bersama seluruh instansi terkait akan lebih memperkuat kawasan konservasi dengan melakukan penanaman pohon di Kecamatan Leles untuk mencegah terjadinya bencana alam akibat kerusakan lingkungan.

“Sebagai daerah konservasi, Kabupaten Garut harus mendapatkan perhatian terutama reboisasi penghijauan termasuk pada hari ini melaksanakan penghijauan atau reboisasi di daerah Leles,” kata Wakil Bupati Garut, Helmi Budiman saat penanaman pohon di Tutugan, Desa Haruman, Kecamatan Leles, Garut, Rabu (15/1/2020).

Baca Juga:  Lepas Khafilah Seleksi TQH di Medan, Wabup Sergai Optimis Raih Juara

Ia menuturkan, upaya pemerintah bersama unsur masyarakat menguatkan daerah konservasi di Leles, karena di wilayah itu terdapat kawasan tambang dan juga industri sehingga harus menjadi perhatian bersama.

Upaya mengawasi daerah konservasi, kata dia, tidak cukup peran instansi seperti Perhutani dan Badan Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA), tetapi semua pihak termasuk peran masyarakat untuk sama-sama menjaga lingkungan.

“Untuk pengawasan tanaman sendiri kalau wilayah kehutanan ada Perhutani dan Badan Konservasi Sumber Daya Alam, nah kalau di masyarakat kita membuat pakta integritas,” katanya.

Baca Juga:  BMKG Bandung Imbau Masyarakat Waspadai Bencana Hidrometeorologi Saat Musim Peralihan

Sementara itu, Kepala Badan Pengelolaan Daerah Aliran Sungai Cimanuk, Rukma Dayadi yang hadir dalam acara penanaman pohon berharap, seluruh elemen masyarakat dapat menjaga kelestarian lingkungan agar Garut tidak dilanda bencana alam.

“Saya mengajak masyarakat untuk senantiasa menjaga, merawat lingkungan dan perbanyak melakukan penghijauan,” katanya.

Sementara itu, Ketua Panitia Pelaksana Penghijauan di kawasan Leles, Undang Herman, menambahkan, kegiatan tersebut bukan sekedar seremonial tetapi ada program lanjutan untuk merawat seluruh pohon agar bisa tumbuh dengan baik.

Baca Juga:  Sediakan 3.000 Dosis Vaksin, Ridwan Kamil Malah Khawatir Bahaya KIPI Bagi Pemudik

“Kita akan mendampingi dan memantau kayu dan buah-buahan yang kita tanam untuk memastikan bahwa tanaman itu benar-benar tumbuh,” katanya.

Seperti diketahui, Pemkab Garut menanam pohon sebanyak dua puluh ribuan secara serentak di Kecamatan Leles yang dihadiri banyak warga juga unsur pejabat pemerintah daerah maupun provinsi dan pusat.

Diharapkan dengan diadakannya program perkuat kawasan konservasi ini, kawasan sekitar menjadi lebih aman dan stabil dalam menghadapi kemungkinan bencana alam yang datang. Selain itu, diharapkan pula kegiatan ini dapat dilaksanakan di daerah lainnya di seluruh Indonesia. (Ara)