Disporaparbud Purwakarta Buka Ruang Komunitas Geluti Cabor e-Sport

JABARNEWS | PURWAKARTA – Bermain video game bukan hal yang kelewat sulit saat ini. Kalaupun tak punya perangkat seperti komputer, PlayStation (PS), atau Xbox, kita bisa menggunakan ponsel untuk memainkannya.

Awalnya, bermain game dilakukan untuk mengisi waktu senggang, sebagai hiburan belaka. Kini, game beralih fungsi, tak hanya sebagai hiburan, tapi juga menjadi pilihan karier. Artinya, menjadi gamer profesional, mencari nafkah dengan bermain game.

Baca Juga:  2.034 Orang Ikuti Mudik Gratis di Terminal Cicaheum

Masuknya olahraga elektronik atau e-Sport dalam cabang olahraga, Dinas Kepmudaan Olahraga Pariwisata dan Kebudayaan (Disporaparbud) Kabupaten Purwakarta membuka ruang bagi komunitas e-sport untuk serius menggeluti bidang e-sport tersebut.

Sekretaris Disporaparbud Kabupaten Purwakarta, Heri Anwar mengatakan, jika keberadaan komunitasnya banyak, akan memfasilitasi.

“Ya kalau ada SK dari perkumpulan olahraga pusatnya, pihak dinas welcome aja. Yang penting jelas kepengurusannya,” terangnya, Kamis (16/1/2020).

Baca Juga:  HAB ke-74, Bupati Cirebon Ajak Warga Mengenal Sejarah

Ia juga menyarankan, bagi komunitas yang sudah punya legalitas dari pusat bisa mengajukan ke Disporaparbud mengingat kecakapan e-sport mulai digandrungi kaula muda saat ini.

“Karena sudah kompetisinya ada tingkat internasional, maupun nasional. Tidak hanya mobile legend, game serupa yang masuk dalam kategori cabang olahraga bisa melakukan pengajuan,” imbuhnya.

Baca Juga:  Masa Tenang, Bawaslu Purwakarta Siagakan Pengawasan Pemilu 2024

Jika sudah ada kepengurusannya, Heri menambahkan, akan terorganisir dengan baik, sehingga pembinaan atket e-sport diharapkan dapat berjalan dengan optimal.

“Kita kumpul kepengurusan dan programnya apa aja, apakah ada pembinaan atlet atau bagaimana. Yang penting Surat Keterangan (SK) harus ditandangani kepengurusan pusat, jadi jelas legalitasnya,” pungkasnya. (Gin)