Objek Wisata Cadas Ngampar Ciamis Porak Poranda Terkena Banjir Bandang

JABARNEWS | CIAMIS – Luapan air banjir bandang setinggi 3 meter terjadi di lokasi wisata Cadas Ngampar yang terletak di Sungai Cileueur, Desa Gunungsari, Kecamatan Sadananya, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, Jumat (17/1/2020) sekitar pukul 17.30 WIB.

Akibat peristiwa tersebut, sejumlah fasilitas seperti saung dilaporkan rusak dan sebagian hanyut terbawa arus air sungai yang meluap. Selain itu sawah milik warga dengan seluas 0,5 hektare pun rusak diterjang banjir.

Baca Juga:  Peringatan Dini Cuaca Ekstrim di Wilayah Jawa Barat

“Tak hanya itu, kolam ikan milik warga dilaporkan mengalami jebol dan ribuan ikan hanyut terbawa arus air banjir, serta jalan jembatan Sungai Cileueur juga mengalami retak-retak akibat derasnya debit air sungai yang semakin membesar,” kata Pjs Kepala Desa Gunungsari, Eman, kepada Jabarnews.com, saat dihubungi melalui telepon, Jumat Malam (17/1/2020).

Baca Juga:  Dinkes Depok Larang Kemas Daging Kurban Pakai Plastik Hitam

Menurut Eman, sebelumnya tidak ada tanda-tanda akan terjadinya banjir, karena sebelumnya hanya hujan rintik-rintik biasa. Beruntung dalam kejadian tersebut tidak memakan korban jiwa. Namun untuk kerugian ditaksir mencapai puluhan juta.

Baca Juga:  Wah! Penampungan Sampah di TPS Ciwastra Kota Bandung Over Capasity

Eman mengaku, seluruh pihak baik pemerintah desa dan warga saat ini sedang bersiaga, ditakutkan terjadi sesuatu hal yang tidak diinginkan.

“Saya minta masyarakat Desa Gunungsari tetap hati-hati dan waspada,” ucapnya. (Tny)