Klinik Harapan Sehat Cianjur Peduli Tunawisma Jalanan

JABARNEWS | CIANJUR – Klinik Harapan Sehat (HS) Cianjur selalu eksis dan peduli terhadap sosial kemanusiaan pengobatan gratis, berbagi makanan serta pakaian layak dan donasi diberikan bagi tunawisma di jalanan.

Kegiatan yang dilakukan rutin tersebut bertemakan aksi sosial ‘Gerakan Senyum Ibu Pertiwi’ di beberapa titik Jalan Raya (trotoar) pusat jantung kota Kabupaten Cianjur, Sabtu (18/1/2020).

Baca Juga:  Sekda Kota Bandung Wajibkan OPD Rapat di Teras Cihampelas, Ini Tujuannya

Menurut dr Yusuf Nugraha, tujuan dan dasar kepedulian dari kegiatan bakti sosial jalanan bagi tunawisma ini adalah untuk memanusiakan manusia.

“Karena masih banyak masyarakat yang hidupnya memprihatikan, dan di bawah garis kemiskinan” ujar Yusuf Nugraha.

Ia menambahkan, mereka yang hidup menggelandang di emperan toko, kata dia, kesulitan makan, pakaiannya compang-camping, serta kesehatan mereka yang berisiko tinggi terkena penyakit.

Baca Juga:  Kepala Daerah dan Pelaku Bisnis Sering Jalankan Praktik Korupsi, Kasus di Kota Banjar Jadi Contoh

“Artinya, itu perlu penanganan yang komprehensif untuk membantu mereka,” ujarnya.

Atas dasar itulah pihak klinik perlu kesetiakawanan sosial dari semua, karena, masalah sosial kemanusiaan ini adalah tanggung jawab bersama.

Selain itu, kegiatan rutin ke jalanan juga dilakukan setiap satu bulan sekali. Tapi, penanganan kesehatan dilakukan siaga setiap saat, bila perlu penanganan khusus seperti halnya pengangan gawat darurat serta penanganan pasien kronis seperti TBC paru, hipertensi dan diabetes yang perlu obat rutin.

Baca Juga:  Menurut Ahli UGM Kenapa Tol Cisumdawu Dibuat Berbelok dan Tidak Lurus

“Para tunawisma asalnya dari berbagai daerah baik Cianjur, Bandung, Sukabumi dan Kota/kabupaten lainnya. Ya, berharap kedepannya bisa mendirikan rumah singgah bagi tunawisma. Doanya saja,” pungkas dan harapan dr Yusuf. (Adv)