Sebuah Situs Diduga Peninggalan Kerajaan Ditemukan Di Ciamis

JABARNEWS | CIAMIS – Sebuah situs diduga peninggalan sebuah kerajaan ditemukan di pinggir areal sawah, tepatnya di Lembah Kaki Gunung Sawal, di Dusun Sukaraharja, Desa Selasari, Kecamatan Lumbung, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat.

Situs yang terlihat seperti susunan batu yang begitu rapi tersebut terletak cukup jauh dari sebuah pemukiman, yakni sekitar 2 kilometer dengan jalan kaki menyusuri jalan setapak dari Dusun Selamaya, perbatasan Kecamatan Lumbung dan Kecamatan Kawali.

Baca Juga:  Viral! Tukang Bakso Mas Nasib Ditendang Oleh Pembelinya

Menurut Cawing, warga setempat mengatakan bahwa susunan batu tersebut sudah ditemukan sejak dahulu oleh warga, namun baru-baru ini viral setelah diupload ke media sosial.

“Waktu itu kebetulan saya sedang melakukan kerja bakti gotong royong untuk pembersihan saluran air, lalu saya uploud ke media sosial,” ujar Cawing, kepada Jabarnews.com, Sabtu (18/1/2020).

Baca Juga:  Bupati Bogor Sebut Stok Pangan Terdampak Bencana Aman Hingga Tiga Bulan

Cawing menuturkan, situs berupa peninggalan kerajaan yang terbuat dari susunan batu tersebut sebetulnya sudah santer menjadi pembicaraan masyarakat setempat, baik cerita mistisnya ataupun legenda mengenai sejarahnya.

“Susunan batu yang begitu rapih dan tersusun dengan baik tersebut terletak di tanah pribadi milik warga asli setempat. Namun untuk penjelasan terkait tersebut, datanya ada di Dinas Disbudpora Kabupaten Ciamis,” tutur Cawing.

Baca Juga:  Pertunjukan Air Mancur Sri Baduga Berjalan Sukses, Ambu Anne Sampaikan Ini

Cawing menuturkan bahwa susunan batu yang diduga peninggalan sebuah kerajaan tersebut dulunya terlihat jelas, namun seiring berjalannya waktu, sebagian susunan batu tertutup tanah dan di atasnya ada sebuah pohon besar yang cukup rimbun,” ucapnya.

“Hingga kini masih menjadi misteri, apakah susunan batu tersebut terbentuk dengan proses alam atau memang sebuah keraton kerajaan,” pungkasnya. (Tny)