Wajib Tahu! Inilah Tips Diet Antikanker

JABARNEWS | BANDUNG – Diet sehat berimbang dengan konsumsi buah dan sayuran, bisa membantu menangkal salah satu masalah kesehatan di dunia yaitu kanker.

Meskipun pada dasarnya tidak ada resep khusus diet antikanker yang mampu mencegah kanker seratus persen. Namun, beberapa perubahan dalam diet yang bisa Anda terapkan untuk mencegah masalah kesehatan di dunia tersebut. Berikut penjelasannya:

Jauhi racun

Langkah pertama melindungi tubuh terhadap kerusakan akibat radikal bebas, yakni menghilangkan racun. Beberapa produk kecantikan yang tampaknya tidak berbahaya terkadang mengandung karsinogen. Sebaiknya periksa bahan-bahan produk seperti sampo dan kondisioner untuk memastikan tidak mengandung racun.

Baca Juga:  Berenang Saat Arus Deras, Seorang Remaja Tewas Tenggelam di Irigasi Pataruman Kota Banjar

Selain itu, gunakan pembersih rumah tangga yang tidak berkontribusi terhadap polusi udara. Selain itu, hindari penggunaan obat yang terlalu sering seperti parasetamol karena dapat meningkatkan risiko penyakit hati.

Mengkonsumsi makanan yang dibungkus bahan plastik (lalu dipanaskan) dapat menyebabkan gangguan dalam fungsi sistem neuroendokrin.

Puasa intermiten membantu membersihkan tubuh dari racun, terutama melalui kulit, ginjal, saluran pernapasan dan pencernaan. Selain itu, jus hijau, makanan mentah, sayuran kukus juga bisa membantu proses detoksifikasi.

Hindari makanan yang digoreng

Akrilamida terbentuk pada makanan yang digoreng dan paparan bahan kimia ini dapat meningkatkan risiko kanker.

Baca Juga:  Curug Cipurut, Hadirkan Keasrian serta Kealamian Alam

Kue, kentang goreng, biskuit, keripik dapat menjadi masalah dalam jangka panjang.

Suhu tinggi dan memanaskan makanan untuk jangka waktu yang lama juga meningkatkan kadar akrilamida. Merebus dan mengukus adalah metode memasak yang lebih aman.

Hindari makanan olahan

Produk makanan olahan, minuman manis, makanan beku, sayuran tidak sehat dan makanan olahan lainnya menyebabkan masalah kesehatan jika dikonsumsi secara berlebihan.

Produk-produk buatan pabrik ini bisa saja mengandung pestisida, herbisida, dan logam berat, sehingga tidak mengkonsumsinya adalah praktik terbaik.

Produk-produk organik dan gandum utuh dapat ditambahkan ke dalam diet anti-kanker untuk menjaga tubuh tetap sehat.

Baca Juga:  Polres Sergai Ringkus Terduga Kurir Narkoba Sei Bamban



Konsumsi makanan antikanker


Untuk secara aktif melawan kemungkinan kanker, makan beberapa makanan penangkal kanker, terutama brokoli, kecambah, kubis dan kangkung. Sayuran-sayuran ini mengandung banyak antioksidan yang membantu melawan kanker payudara, usus besar dan prostat.

Makanan mengandung vitamin C dan A adalah antioksidan kuat yang melindungi sistem kekebalan tubuh terhadap berbagai penyakit. Bawang putih, teh hijau, minyak zaitun dan teh oolong mengurangi peradangan dan juga mencegah kerusakan sistem kekebalan tubuh, sehingga mencegah kanker.

Makanan berkalsium yang dikombinasikan dengan vitamin D3 mencegah kanker payudara dan ovarium. (Ara)