RSUP Hasan Sadikin Bandung Siap Tangani Pasien Terinveksi Coronavirus

JABARNEWS | BANDUNG – Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Dr. Hasan Sadikin Bandung siap siaga melakukan penanganan jika ada pasien terkena Coronavirus dari China. Hal itu dikarenakan, setelah adanya surat edaran dari Kementerian Kesehatan KEMENKES RI, yang menyatakan setiap RS rujukan di Indonesia harus menampung pasien apabila ditemukan invekasi Coronavirus.

“RSUP Hasan Sadikin Bandung, sebagai rumah sakit pusat rujukan nasional dan juga sebagai rumah sakit rujukan infeksi. Kami siap dalam menghadapi adanya pasien pasien terinfeksi virus Corona,” kata Direktur Utama RSHS, Nina Susana Dewi, di RSUP Hasan Sadikin Bandung, Jumat (24/1/2020).

Baca Juga:  Bima Sakti Ungkap Penyebab Rapuhnya Lini Belakang timnas U-16

Dia menjelaskan, semenjak adanya informasi penyebaran virus, RSUD Hasan Sadikin telah siap apabila ada pasien terdampak. Selain itu, RSUP sudah melakukan kordinasi dengan berbagai pihak, mulai dari Bandara Husen Sastranegara, Stasiun Kereta Api dalam upaya penanganan Coronavirus.

Baca Juga:  Prakiraan Cuaca Jawa Barat 23 Agustus 2018

Sebagai rumah sakit rujukan infeksi, lanjut Nina, RSUP sudah memiliki 33 ruang isolasi infeksi, dianiaya 5 ruang isolasi infeksi khusus 30 yang lainnya infeksi umum serta Ruang Instalasi Gawat Darurat yang di pergunakan untuk pasien yang terkena atau dicurigai infeksi Coronavirus.

Baca Juga:  Prajurit TNI Bantu Rehab Rumah Warga

“Selain itu, kami juga menyiapkan peralatan kesehatan yang memang sesuai standar untuk ruang isolasi seperti pentilator dan lain sebagainya. Termasuk peralatan BHP atau Bahan Habis Pakai diantaranya busa alat pelindung diri. Masker N95 kemudian juga peralatan untuk cuci tangan,” tutupnya. (Rnu)