Aduh.. Ada Ladang Ganja di Gunung Guntur Garut

JABARNEWS | GARUT – Berawal dari laporan warga atas penemuan puluhan pohon ganja yang sedang berburu di hutan Gunung Guntur, selanjutnya melaporkan temuan itu ke polisi dan TNI, Rabu (15/1/2020).

Petugas gabungan dari unsur Polri, TNI dibantu masyarakat menyisir kawasan kaki Gunung Guntur sejak Kamis (16/1), hingga akhirnya pohon ganja ditemukan, Sabtu (18/1) sore.

Kepala Polsek Tarogong Kaler Ipda Asep Saepudin mengatakan, puluhan pohon ganja ditemukan warga tumbuh di kawasan Gunung Guntur, Kecamatan Tarogong Kaler, Kabupaten Garut, Jawa Barat, selanjutnya dibawa ke Markas Polres Garut untuk diselidiki lebih lanjut.

Baca Juga:  Banjir Rendam Jalan dan Pemukiman di Kota Sabang, Aceh

“Tanamannya akan kami evakuasi ke Polres,” kata kepada wartawan di Garut, Minggu (19/1/2020).

Ia menuturkan, itu berawal ditemukan warga yang melaporkan temuan pohon ganja itu, kata dia, tidak ingat lagi titik lokasi tumbuhnya pohon ganja tersebut, hingga akhirnya petugas gabungan melakukan penyisiran.

Baca Juga:  Ketua Yayasan Al-Muhajirin Raih Gelar Doktor

“Warga yang tahu lokasinya lupa, jadi harus dicari lagi,” kata Asep.

Lokasi ladang ganja memang berada di tengah hutan dan sangat sulit untuk aksesnya.

“Kami pun sejak Kamis melakukan pencarian hingga akhirnya berhasil ditemukan Sabtu sore,” katanya.

Ia mengungkapkan, hasil pemeriksaan di lokasi diduga kuat tanaman tersebut ganja yang sudah banyak tumbuh daun pada batangnya.

Lokasi tanaman ganja itu, kata dia, berada jauh dari pemukiman penduduk atau dapat ditempuh dengan jalan kaki selama tiga jam.

Baca Juga:  Pemerintah Siapkan Bandara Kertajati Jadi Bandara Premium, Ini Alasannya

“Lokasinya jauh sekitar tiga jam jalan kaki untuk bisa sampai ke sana,” katanya.

Polisi masih terus melakukan penyelidikan untuk mengungkap siapa pemilik ladang ganja dalam jumlah sangat banyak tersebut.

”Belum ada tersangka, kita masih terus melakukan penyelidikan guna mengungkap siapa yang menanam ganja-ganja itu,” pungkasnya. (Ara)