Inilah Keunikan Gigi yang Belum Banyak Diketahui

JABARNEWS | BANDUNG – Sebagai salah satu organ tubuh manusia, gigi memliki salah satu fungsi untuk membantu melancarkan pencernaan kita pada tahap awal. Berperan untuk mengunyah makanan, selain itu gigi juga kita mempunyai lebih banyak keunikan dan rahasia lainnya.

Salah satunya keunakan Gigi molar yang mulai terbentuk bahkan sebelum seorang bayi dilahirkan. Gigi ini akan tetap terbentuk setelah gigi susu keluar. Fakta lainnya adalah segala sesuatu yang dikonsumsi oleh ibu hamil juga akan berpengaruh terhadap gigi geraham bayi, oleh karena itu kiranya ibu hamil harus menjaga apa yang akan dikonsumsinya.

Kemudian apa sajakah keunikan dan rahasia lainnya dari gigi kita yang mungkin belum Anda ketahui, mari kita simak beberapa fakta tersebut :

Baca Juga:  Breaking News: Gempa Guncang Jakarta

Jaringan terkeras dari tubuh Manusia

Jika selama ini kita menganggap bahwa tulang adalah jaringan terkeras yang ada dalam tubuh kita maka hal tersebut ternyata salah. Bukan tulang yang menjadi jaringan terkeras dalam tubuh kita melainkan gigi yang bahkan lebih keras dibandingkan tulang.

Enamel yang terdapat dalam gigi ternyata mengandung mineral yang dapat mencapai 96%. Bahkan menurut pengukuran menggunakan alat hardness tester atau alat ukur kekerasan dalam skala mohs antara 1 – 10, gigi manusia memiliki nilai yang cukup besar yaitu 5. Nilai ini hanya sedikit lebih rendah dari baja berkualitas baik yang dapat mencapai 6,5 skala mohs.

Menggigit kuku akan merusak gigi

Jika Anda memiliki kebiasaan menggigit kuku maka sebaiknya tinggalkan kebiasaan ini. Hal ini bukan karena kuku kita lebih keras dari gigi karena pada kenyataannya gigi kita jauh lebih kuat dari kuku. Menggigit kuku dapat menyebabkan gigi kita saling bergesekan yang justru akan melemahkan gigi kita sendiri.



Gula adalah musuh utama gigi


Makanan manis dan juga yang mengandung asam akan merusak gigi kita, sebagai contohnya adalah permen asam, soft drink yang akan membuat lapisan enamel gigi kita mengalami erosi.

Baca Juga:  Datang ke Bandung, Anies Baswedan dan AHY Rangkul Generasi Zilenial

Gigi kurang putih bukan berarti kurang sehat

Gigi yang tidak berwarna putih seperti salju bukan berarti gigi tersebut kurang sehat atau kurang terawat. Hal ini karena pada dasarnya warna gigi tidaklah putih salju seperti yang sering Anda bayangkan.

Baca Juga:  PDIP Cianjur Salurkan Bantuan untuk Ibu Hamil Korban Gempa Bumi

Gigi terbentuk melalui tiga tahap

Gigi manusia terbentuk dalam 3 tahap. Tahap pertama adalah tahap terbentuknya gusi yang kemudian barulah mahkota gigi akan terbentuk. Setelah itu akar gigi yang menempel pada rahang terbentuk.

Tidak semua orang memiliki gigi gerahan paling belakang

Gigi gerahan paling belakang biasanya tumbuh dengan menabrak gigi didekatnya yang menyebabkan susunannya tidak teratur. Hal ini membuat banyak orang yang mencabutnya, namun pada sebagian orang ada yang tidak memiliki gigi tersebut.

Gigi geraham paling cepat aus

Dalam mengunyak makanan mulai dari yang paling lembut hingga yang paling keras membuat gigi geraham ini menjadi gigi yang paling cepat aus dibanding gigi pada bagian lainnya. (Red)