Selamat Tinggal! Hari Ini Microsoft Akhiri Dukungan Windows 7

JABARNEWS | BANDUNG – Windows 7 hanya memiliki sisa umur beberapa jam lagi. Microsoft akan menghentikan dukungan dan layanannya terhadap sistem operasi tersebut pada Senin (13/1/2020) malam pukul 23.59 waktu Washington, AS atau Rabu (14/1/2020) pukul 02.00 WIB.

Dengan berakhirnya dukungan tersebut, bagi pengguna PC dan Laptop yang masih menggunakan Windows 7 bersiaplah berbagai hadapi serangan virus. Pasalnya, mulai hari ini Microsoft tidak akan merilis security update dan perbaikan bug dalam sistem operasi Windows 7.

Baca Juga:  Ganjil Genap di Kota Bogor, Sebanyak 5.779 Kendaraan Diputarbalikkan

“Ketika Windows 7 mencapai akhir dukungan pada 14 Januari 2020, komputer Anda masih akan berfungsi tetapi Microsoft tidak akan lagi memberikan dukungan teknis untuk masalah apapun, pembaruan perangkat lunak dan pembaharuan atau perbaikan keamanan,” tulis laman Microsoft, dikutip techradar.

Untuk tetap beroperasi dengan aman, Microsoft menyarankan pengguna untuk segera melakukan upgrade sistem operasinya ke Windows 10 dan mengganti perangkat komputernya.

“Meskipun dimungkinkan untuk menginstal Windows 10 pada perangkat lama Anda, itu tidak dianjurkan,” masih menurut laman tersebut.

Baca Juga:  Yana Tegaskan Kendaraan Umum Wajib Lulus Uji Kir

Melansir techradar.com, Sabtu (11/1/2020), Windows 7 memang sudah beroperasi selama satu dekade bahkan lebih setelah diluncurkan pada 22 Juli 2009. Hingga saat ini, 39% dari total pengguna Microsoft masih menggunakan sistem operasi ini.

Sebenarnya, dukungan yang diberikan Microsoft kepada Windows 7 sudah lama dikurangi, dimulai pada 13 Januari 2015. Selama periode tersebut hingga saat ini sebenarnya Windows 7 berada pada fase ‘extended support’.

Pada periode ‘extended support’ ini, sudah tak ada lagi fitur baru dan klaim garansi tidak lagi berlaku. Microsoft hanya memberikan dukungan untuk pembaruan guna ‘menambal’ sistem operasi ini untuk memastikan keamanan dan perbaikan bug.

Baca Juga:  Ragam Pilihan Model Rak Sudut Rumah Keren, Ada yang Bentuk Zigzag

Mulai hari ini tidak akan lagi pembaruan (update) software atau perbaikan keamanan (security) dari Microsoft. Mulai hari ini Windows 7 akan memasuki fase end of life di mana tidak ada bantuan sama sekali bagi pengguna sistem operasi (OS) milik perusahaan Bill Gates ini. (Red)