Waze Ungkap Aktivitas Kendaraan Selama PSBB, Bener Bandung Paling Taat?

JABARNEWS | BANDUNG – Data penyedia aplikasi navigasi perjalanan, Waze mengungkap Sejak PSBB diberlakukan, aktivitas mengemudi kendaraan di Kota Bandung turun 82 persen dari jumlah rata-rata kilometer mengemudi sebelum PSBB

Pengurangan terbesar kedua aktivitas mengemudi selama PSBB terjadi di Jakarta, dengan penurunan 76 persen, diikuti Surabaya (-75%), Tangerang (-74,%), dan Bekasi (-68%).

Baca Juga:  Eks Menkes Terawan Dipecat IDI, Abu Janda: Yang Lurus Disingkirkan, Maksudnya Apa?

Menurut data Waze dikutif dari Antara, Tangerang Selatan memiliki pengurangan lalu lintas terkecil sejak PSBB (pengguna Waze mengemudi 47% kilometer lebih sedikit dibandingkan dengan rata-rata harian pada bulan Februari untuk periode dua minggu–11-25 Februari 2020), dibanding lima kota di atas.

Untuk mengukur dampak dan perubahan lalu lintas di jalan selama pandemi COVID-19, Waze telah mengumpulkan data tentang jumlah mil/kilometer yang ditempuh sebagai pengganti metrik jumlah pengguna aktif yang biasa digunakan.

Baca Juga:  Bjorka Bikin Gaduh Lagi, Bocorkan Otak Pembunuhan Munir

Data Waze menunjukkan bahwa di seluruh dunia, sebagian besar negara telah berhenti mengemudi secara drastis. Secara global, pengguna Waze mengemudi 60 persen kilometer lebih sedikit dibandingkan dengan rata-rata harian pada bulan Februari untuk periode dua minggu (11-25 Februari 2020).

Baca Juga:  Karena Ini, KPK Perpanjang Masa Penahanan Mantan Wali Kota Banjar Herman Sutrisno

Sejalan dengan tren global, dengan PSBB yang saat ini sedang diterapkan di beberapa daerah di Indonesia, pengguna Waze mengemudi 66 persen kilometer lebih sedikit dibandingkan dengan rata-rata harian pada bulan Februari untuk periode dua minggu (11-25 Februari 2020). (Red)