Keren! Siswa SMK Negeri 2 Ciamis Sulap Sparepart Bekas jadi Bernilai Ekonomi

JABARNEWS | CIAMIS – Suku cadang yang sudah bekas biasanya masuk rumah daur ulang agar tidak jadi sampah yang mencemari lingkungan. Namun kali ini suku cadang juga bisa menjadi sebuah barang yang berguna.

Hal itulah yang dilakukan siswa jurusan Teknik Kendaraan Ringan Otomotif (TKRO) Kelas 11 SMK Negeri 2 Kabupaten Ciamis mamfaatkan limbah suku cadang kendaraan.

Guru Pembina Osis SMK Negeri 2 Kabupaten Ciamis, Dede Fajriadi mengatakan, pemanfaatan limbah tersebut mulai dari bekas cakram rem motor, seher mobil, busi, blok mesin hingga spart part bekas kendaraan lainnya.

Baca Juga:  Padil Karsoma Salip Acep Maman & Rustandie Di Polling Cepat

“Ide tersebut muncul lantaran banyaknya bekas suku cadang kendaraan, jadi mereka memamfaatkannya untuk dibuat jam dinding, dudukan lampu tidur dan lainnya,” ujarnya kepada Jabarnews.com, Senin (20/1/2020).

Dede mengaku, seluruh karya seni kratifitas siswa tersebut telah dipajangkan dalam agenda kegiatan the extraordinary XTM Art Show (Texas) yang digelar selama dua hari, terhitung dari tanggal 20-21 Januari 2020.

Baca Juga:  Prakiraan Cuaca Jawa Barat Hari Ini Jumat 27 Januari 2023

“Hasil kreatifitas limbah tersebut sebagian sudah ada yang dijual, dan penjualan tersebut langsung dikelola oleh siswa,” tuturnya.

Tak hanya itu menurut Dede, siswa jurusan Desain Interior dan Teknik Furnitur (DITF) SMK Negeri 2 Ciamis juga telah memanfaatkan limbah kayu menjadi barang yang berguna seperti pot bunga.

Baca Juga:  Waduh! 19 Pegawai di Lingkungan Pemerintah Kota Depok Terkonfirmasi Positif Covid-19

Dede menerangkan, dalam agenda kegiatan Texas tersebut telah menampilkan berbagai macam kegiatan perlombaan kratifitas, bazaar hasil karya berbagai jurusan SMK Negeri 2 Ciamis.

“Mudah-mudahan dengan digelarnya kegiatan tersebut, dapat memacu dan meningkatkan kreatifitas siswa SMK Negeri 2 Ciamis agar lebih baik lagi,” harapnya. (CR1)