Plt Bupati Cianjur Tinjau Lokasi Pergerakan Tanah

JABARNEWS | CIANJUR – Plt Bupati Cianjur, H Herman Suherman meninjau lokasi pergerakan tanah yang berada di Kampung Cibadak, RT 02 RW 08, Desa Sukamahi, Kecamatan Sukaresmi, Cianjur, Jawa Barat, Jum’at (10/1/2020).

Dalam kesempatan itu Plt Bupati Cianjur H Herman Suherman bersama tim Relawan Tangguh Bencana (Retana) yang bertugas mendeteksi dini potensi pergerakan tanah.

“Semenjak membentuk Retana, pihak Pemkab Cianjur merasa terbantu, diharapkan Retana bisa mendeteksi dini potensi bencana di wilayah Kabupaten Cianjur,” kata Herman.

Baca Juga:  Dedi Mulyadi: Butuh Kamera Kesadaran Jiwa Untuk Menjaga Lingkungan

Herman juga menyampaikan dengan adanya kejadian pergerakan tanah, Pemkab Cianjur melakukan berbagai upaya antisipasi lebih awal dengan melibatkan beberapa dinas terkait serta elemen lainnya. Dengan demikian bencana diharapkan tidak terjadi dan kalaupun terjadi bisa meminimalisir adanya korban jiawa.

”Inginnya saya ini jangan menangani bencana akan tetapi sebelum bencana sudah ditangani, dan diantisipasi. Lebih baik mencegah dari pada mengobati istilahnya, dengan demikian tidak akan banyak resiko, biaya maupun korban yang akan ditimbulkannya,” jelasnya.

Baca Juga:  DPRD Jabar Dorong Pencabutan Moratorium Pemekaran Kabupaten Subang Utara

Sementara itu, Camat Sukaresmi Firman Edi menjelaskan upaya antisipasi awal, pihaknya melakukan memonitoring kaitan pergerakan tanah terus disiagakan, yang melibatkan TNI, Polri, BPBD, tim Retana serta warga masyarakat.

“Untuk rumah yang terancam pergeseran tanah sebanyak 47 rumah terdiri dari 51 KK, 181 jiwa, 86 laki laki dan 95 perempuan,” ujarnya.

Untuk diketahui, dalam kegiatan tersebut Plt Bupati Cianjur H Herman Suherman juga juga menyerahkan berbagai bantuan, seperti sembako, paket kebencanaan, obat-obatan, dan melakukan pemeriksaan kesehatan kepada warga.

Baca Juga:  Info Loker Karawang Mei 2023, Perusahaan Ini Butuh Banyak Pegawai, Buruan Cek!

Hadir dalam kegiatan tersebut, Kepala BPBD Kab Cianjur, Dedi Supriadi, Kadis Sosial Cianjur, Amad Mutawali, Kabag Humas & Keprotokolan Setda Cianjur, Iyus Yusuf, tim Puskesmas Sukaresmi, Camat Sukaresmi, Firman Edi, Kapolsek Sukaresmi, Munawir, Danramil Sukaresmi, Yayan, Pjs. Desa Sukamahi, Suryadi, serta Tim Retana. (Adv)