Jelang Perayaan Imlek di Purwakarta Patung Dewa Mulai Dibersihkan

JABARNEWS | PURWAKARTA – Tahun baru Imlek 2571 Kongzili yang jatuh pada Sabtu (25/1/2020). Klenteng Budi Asih Purwakarta lakukan kegiatan bersih-bersih sejumlah patung dewa-dewi

Kegiatan di klenteng yang beralamat di Jalan Jenderal Ahmad Yani, Purwakarta itu dilakukan pada, Selasa (21/1/2020).

Menurut, Pengelola Klenteng Budi Asih Purwakarta, Oong, sejak pagi tadi pihak klenteng memandikan sejumlah patung dewa menggunakan air kembang.

“Di sini ada beberapa patung dewa dan tuan rumahnya itu dewa panglima perang yang sayang dengan rakyatnya yaitu Kong Co Wan Kong guna melindungi umatnya,” kata Oong.

Baca Juga:  Puluhan Ribu Wisatawan Habiskan Libur Lebaran Kurban di Purwakarta

Diungkapkannya, dalam Klenteng Budi Asih ini terdapat tiga patung utama yang nantinya menjadi titik ibadah umat Budha di Purwakarta, di antaranya Kong Co Wan Kong (panglima perang), Kong Co Hotengsin (Dewa Uang), dan Maha Dewi Kwan In (Dewi Welas Asih).

“Ketiga dewa-dewi ini sayang sekali pada umatnya. Kami mandikan patung dewa gunakan air kembang khusus bahkan airnya itu jika tak ada air sumur bisa pakai air kemasan dan tak boleh pakai air PAM,” imbuhnya.

Baca Juga:  Polda Jabar Ungkap Peredaran Narkotika, Sabu 10 Kg Disembunyikan di Ban

Tak hanya tiga patung tersebut, Oong menambahkan, ada patung lain yang ada di Klenteng Budi Asih, seperti Tuti Kung (Dewa Bumi) yang berada di bagian bawah patung panglima perang.

“Kami sengaja mandikan sekarang patung-patung ini karena patung-patung ini rohnya sedang kosong dan akan turun kembali pada malam imlek nanti,” ujarnya.

Baca Juga:  Heboh Mobil Nyasar ke Area Kuburan di Subang, Gara-gara Mengikuti Aplikasi Google Maps

Di klenteng yang sudah berdiri sejak 103 lalu itu nampak lilin-lilin ukuran besar pun tampak telah berada di Klenteng Budi Asih. Menurut Oong, mulai besok lilin-lilin tersebut bakal dipasang di Klenteng itu.

“Besok mulai dipasangnya. Di sini sudah ada 20 lilin besar yang bisa tahan sampai dua bulan menyalanya,” pungkasnya. (Gin)