Miliki Keindahan Alami, Situ Cukang Batu Garut Bakal Dikembangkan

JABARNEWS | GARUT – Memiliki keindahan dan pemandangan alam tersendiri yang bisa mengundang wisatawan untuk menikmatinya, Danau Situ Cukang Batu Kabupaten Garut yang berada di Kecamatan Peundeuy.

Dengan potensi objek wisata tersebut, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Garut, Jawa Barat, siap mengembangkan untuk menambah destinasi wisata baru dan menumbuhkan perekonomian masyarakat sekitar.

Wakil Bupati Garut Helmi Budiman Meski saat ini belum ada pembangunan sarana dan prasarana tempatnya sudah terasa nyaman, apalagi dilakukan pembangunan tentunya akan lebih nyaman.

Baca Juga:  Ramalan Cuaca Kota Bandung, Kamis 12 Mei 2022

“Situ ini selain punya daya tarik tersendiri juga bisa dikembangkan menjadi wisata, mengingat udaranya masih sejuk dan alami,” ujar Helmi Budiman, Selasa (21/01/2020)

Menurut dia, pengembangan wisata tersebut bisa dibantu dengan dana desa, dan dana dari Pemkab Garut melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata dengan program satu desa satu objek wisata.

Baca Juga:  Pemprov DKI Tegaskan, Semua Bar Tidak Boleh Jualan Miras Selama Ramadhan

Ia berharap, pembangunan wisata di desa itu bisa mendongkrak perekonomian daerah sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat sekitar.

“Berharap desa-desa lain juga memiliki inovasi sesuai dengan kebutuhan masyarakatnya untuk menjadikan desanya maju juga menjadikan masyarakatnya mandiri dan sejahtera,” katanya.

Kepala Desa Sukanagara, Iwan Kartiwan menambahkan, Situ Cukang Batu memiliki luas kurang lebih 2 hektare yang berada di antara perbatasan Kabupaten Garut dengan Kabupaten Tasikmalaya.

Baca Juga:  Sampah di Kota Depok Makin Mengkhawatirkan, Ridwan Kamil; Solusinya di Lulut Nambo

Ia menyatakan siap membangun Situ Cukang Batu menjadi objek wisata alam yang menarik sehingga memberikan dampak ekonomi dan kesejahteraan bagi masyarakat desa.

“Kami pun ke depannya sesuai dengan instruksi Pak Wakil Bupati, Situ Cukang Batu ini akan dijadikan objek wisata, dan Insya Allah kita akan benahi bertahap agar dapat memberikan kenyamanan kepada para pengunjung baik dari luar ataupun masyarakat sekitar,” katanya (Ara)