aqua

Wabah DBD di Purwakarta, PMI Kekurangan Stok Darah

Permintaan paling banyak merupakan golongan darah A dan golongan darah B

Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

JABARNEWS | PURWAKARTA - Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Purwakarta mengalami kekurangnan stok darah. Hal itu seiring meningkatnya pasien demem berdarah dengue (DBD). Hingga hari ini, PMI Purwakarta baru memiliki sebanyak 81 labu darah.

Uwoh selaku petugas PMI Purwakarta mengatakan saat ini pihaknya baru memiliki ketersediaan darah 81 labu dengan rincian, golongan darah A sebanyak 10, golongan darah B sebanyak 45, golongan darah O sebanyak 20, dan golongan darah AB sebanyak 6.

Baca Juga:

PMI Ciamis Pastikan Stok Darah Dalam Kondisi Baik

Pj Sekda Jabar Imbau Warga Jadi Pendonor Rutin



"Hari ini stok darah sedang sedikit. Permintaan paling banyak A dan B. Sedangkan pemasok ke PMI Purwakarta banyak B dan 0," ujarnya di Kantor PMI Purwakarta, Rabu (22/1/2020).

Dalam sehari, tambah Uwoh, pendonor darah yang datang langsung ke kantor PMI Purwakarta tak lebih dari 10 orang. Biasanya mayoritas pendonor darah lebih banyak memilih mendonorkan darahnya ke mobile unit yang biasa berkeliling ke perusahaan-perusahaan.

"Tiga bulan sekali kami sering lakukan keliling donor darah ke perusahaan-perusahaan. Paling langka itu darah AB," paparnya.
Halaman selanjutnya 1 2
Tags : Donor Darah PMI Purwakarta Palang Merah Indonesia Penyakit DBD Stok Darah Purwakarta Jabarnews Berita Jawa Barat Berita Terkini Berita Lokal Berita Hiperlokal

berita terkait

Stok Golongan Darah Ini Menipis di PMI Kota Bandung

Artotel Gandeng PMI Kota Bandung Selenggarakan Donor Darah

Persib

Berita Populer

Berita Terkini

Mang Jabar

jabarnews tv

tag populer

unduh aplikasi