Kawanan Monyet Serbu Perkampungan, Warga Kuningan Resah

JABARNEWS | KUNINGAN – Warga kawasan hutan lindung Gunung Ciremai Kabupaten Kuningan mulai dilanda cemas. Hal ini lantaran diduga kehabisan stok makanan, kawanan monyet hutan turun gunung. Kawanan satwa liar yang turun berkelompok ini melintasi rumah penduduk hingga lalu mencari makan.

Kepala Desa Cibeureum, Kecamatan Cilimus, Kabupaten Kuningan, Suheri mengatakan, turunnya ratusan monyet liar ke pemukiman warga adalah akibat kemarau yang melanda wilayahnya. Ia menyebut kawanan monyet yang selama ini hidup dikawasan Gunung Ciremai, turun gunung karena kelaparan.

“Sudah lama kawanan monyet ini ke pemukiman warga, tapi karena jumlahnya semakin banyak, maka warga mengeluh,” kata di Kuningan, Rabu (22/1/2020).

Baca Juga:  Durhaka! Gara-gara Ini Seorang Anak di Sukabumi Bacok Ayahnya Pakai Golok

Suheri menambahkan empat bulan terakhir ini serangan monyet ke pemukiman penduduk desa dan lahan pertanian warga semakin tak bisa dikendalikan. Akibatnya, masyarakat Desa Cibeureum mengadukan masalah ini ke pemerintah desa setempat, agar mengatasi serbuan kawanan monyet berjenis ekor panjang tersebut.

“Kami dari pemerintah desa sudah berkirim surat ke Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Jawa Barat dan Balai Taman Nasional Gunung Ciremai (BTNGC) untuk bisa mengatasi masalah tersebut,” jelasnya.

Dia mengatakan BKSDA Jawa Barat dan BTNGC sudah berupaya dengan cara mengendalikan populasi monyet di hutan lindung Tamam Nasional Gunung Ciremai seluas 9 hektare. Petugas BKSDA Jawa Barat, lanjut Suheri secara khusus mengutus sejumlah orang dari Suku Baduy Banten, untuk menangkap ratusan ekor monyet liar yang kerap merusak lahan perkebunan milik warga.

Baca Juga:  Doni Monardo: Jalur Ulumanda Majene Sudah Dapat Dilalui Kendaraan Dua

“Monyet-monyet yang berhasil ditangkap kemudian dibawa petugas ke kantor BKSDA Purwakarta untuk dikarantina,” tambahnya.

Proses penangkapan monyet berlangsung dari Sabtu (18/1/2020) hingga Selasa (22/1/2020), dimana selama empat hari itu, petugas berhasil menangkap 100 ekor lebih monyet untuk dikarantina.

Baca Juga:  Soal Bantuan Keuangan, Burhanudin Minta Minta Pemprov Jabar Pertimbangkan Hal Ini

“Jumlah populasi kera ekor panjang di hutan lindung semakin meningkat dalam setahun, kera betina bisa melahirkan hingga dua kali,” jelasnya.

Sementara seorang warga Desa Cibeureum Akhyari (60) mengaku sudah kerepotan mengatasi serbuan monyet ke pemukiman, dimana kawanan monyet itu bukan saja mengambil barang-barang atau makanan dalam rumah saja, bahkan atap-atap rumah pun sampai dirusak.

Selain itu para petani pun sudah resah, sebab waktu mereka tersita untuk menjaga lahan dari ancaman serbuan monyet.

“Ubi milik petani juga rusak di serang kawanan monyet yang berkeliaran,” katanya. (Ara)