aqua

Penularan Coronavirus Mengintai Indonesia

Ini langkah Kemenkes.

Ilustrasi- Virus Coronavirus. (Foto: Freepik.com)

JABARNEWS | JAKARTA - Dunia sedang dikejutkan dengan penyebaran virus pernapasan misterius yang dikenal sebagai coronavirus. Virus pneumonia ini diketahui pertama kali mewabah di Wuhan, China, dan menyebar ke beberapa negara seperti Thailand, Jepang, hingga Korea Selatan.

Kekhawatiran penyebaran coronavirus semakin menjadi menjelang liburan tahun baru imlek, karena ratusan penduduk China berbondong-bondong pergi ke luar negeri untuk berlibur.

Baca Juga:

Universitas Indonesia Berdayakan Kader Deteksi Stunting di Bogor

BPJS Menunggak Rp.30 Miliar Bikin RSUD Ciamis Nyaris Kolaps



Sejauh ini, pemerintah China telah mengkonfirmasi ada dua orang yang tewas akibat wabah coronavirus, sementara itu 45 orang terinfeksi dengan wabah berpusat di sekitar pasar ikan di pusat kota Wuhan, sebuah kota yang berpenduduk 11 juta orang.

Namun, menurut para peneliti dari Pusat Analisis Penyakit Menular Global MRC di Imperial College London, jumlah orang yang terpapar coronavirus di kota Wuhan diperkirakan lebih banyak dari apa yang diumumkan oleh pemerintah China, dengan jumlah hampir menyentuh 1.700 orang. Dugaan ini berdasarkan fakta temuan kasus coronavirus di luar negeri, seperti Thailand dan Jepang.

Coronavirus sendiri diidentifikasi masih satu jenis dengan MERS-CoV dan SARS-CoV. Virus ini menyebar lewat binatang ke manusia, di mana 80 persen penyakit baru berasal dari zoonosis, yakni penyakit dan infeksi yang ditularkan dari hewan vertebrata seperti anjing, babi, tikus, sapi, ayam dan lain-lain.
Halaman selanjutnya 1 2 3
Tags : Virus Coronavirus Penyebaran Virus Kementerian Kesehatan Terawan Mengintai Jabarnews Berita Jawa Barat Berita Terkini Berita Lokal Berita Hiperlokal

berita terkait

Menkes: Prevalensi Gangguan Mata Cukup Tinggi di Indonesia

Persib

Berita Populer

Berita Terkini

Mang Jabar

jabarnews tv

tag populer

unduh aplikasi