Bupati Sukabumi: Penanaman Investasi Beralih ke Pariwisata dan Pertanian

JABARNEWS | BANDUNG – Bupati Sukabumi Marwan Hamami mengungkap dalam lima tahun terakhir pihaknya mulai mengalihkan penanaman modal dari investor yang awalnya banyak dari sektor Isnu sekarang sudah beralih ke pariwisata dan pertanian.

“Kebijakan pengalihan investasi tersebut didorong beberapa faktor seperti Kabupaten Sukabumi mempunyai potensi pariwisata dan pertanian yang mumpuni, tetapi masih belum termanfaatkan maksimal,” ujar Marwan, Rabu (22/01/2020)

Kemudian, mengurangi pencermaran lingkungan, karena industri manufaktur tersebut biasanya perusahaan mengeluarkan limbah yang bisa merusak lingkungan. Kemudian topogragfi dan demografi wilayah kabupaten terluas di Pulau Jawa dan Bali ini yang rawan terjadi bencana gempa bumi dan tanahnya labil, sehingga jika dibangun gedung atau perusahaan dinilai kurang tepat.

Baca Juga:  Kapolda : Tiga Orang Anggota Itu Saya Anggap Lalai

Terakhir, pihaknya memilih orientasi invetasi di kedua sektor ini karena langsung bersentuhan dengan masyarakat. Di mana dalam pengembangan dunia pariwisata dan pertanian pihaknya menggunakan program berbasis masyarakata, sehingga warga yang langsung mengelolanya.

Untuk menunjang investasi tersebut pihaknya juga akan mempermudah pengurusan izin untuk investor yang ingin menanamkan modalnya asalkan persyaratan dilengkapi, melibatkan warga sekitar dan tidak merusak lingkungan.

Baca Juga:  Polsek Mande Cianjur Semangati Warga Ajakan Patuh Prokes 3M

“Belum lama ini juga datang investor dari lima negara yang ingin menanamkan investasinya di Geopark Ciletuh Palabuhanratu, namun kami memberikan persyaratan jangan sampai keuntungannya hanya dirasakan segelintir orang saja. Tapi harus bisa meningkatkan pendapatan warga sekitar,” tambahnya.

Marwan mengatakan pemanfaatan dan pengelolaan potensi pariwisata dan pertanian ini untuk mengentaskan kantong-kantong kemiskinan khususnya warga yang tinggal di perkebunan yang terganjal karena tidak bisa mengolah perkebunan tersebut yang dikarenakan adanya aturan.

Baca Juga:  Akses Jalan Warga Bekasi Amblas Dekat Proyek Kereta Cepat

Pihaknya optimis dengan terus mendongkrak dunia pariwisata dan pertanian maka posisi Kabupaten Sukabumi akan terus terdongkrak khususnya di tingkat Jabar. Sebelum dirinya menjabat Kabupaten Sukabumi selalu berada di urutan terbuncit dari 27 kota dan kabupaten di Jabar, tetapi dalam lima tahun terakhir ini posisinya terus terdongkrak dan sekarang berada di urutan ke 22. (Ara)