Kebersamaan Mahasiswa UPI dengan Pelajar SDN 007 Cipaganti

JABARNEWS | BANDUNG – Sebanyak 12 mahasiswa/i dari Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung selama dua hari (21-22 Januari 2020) melaksanakan kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik di SDN 007 Cipaganti, yang berada Kelurahan Cipaganti, Kecamatan Coblong, Kota Bandung, Jawa Barat.

Momen kebersamaan selama dua hari tersebut diisi dengan berbagai agenda kegiatan, yang pastinya menambah ilmu pengetahuan bagi pelajar SDN 007 Cipaganti.

Ketua Pelaksanaan KKN di SDN 007 Cipaganti, Andika Raflesia di hari pertama, mahasiswa UPI memberikan informasi kepada siswa kelas 3 dan 4 tentang 3 jenis yaitu sampah organik, nonorganik, dan berbahaya.

Penjelasan mengenai jenis sampah tersebut juga ditunjang dengan properti berupa contoh-contoh dari setiap jenis sampah, dan tempat sampah yang sudah diberi label organik, nonorganik, dan berbahaya.

Baca Juga:  Kasus Dugaan Pelanggaran Netralitas Kadis dan 2 Kades di Karawang Dihentikan

“Hal itu bertujuan untuk memudahkan siswa dalam memilah sampah, sebab sampah yang dipilih juga merupakan sampah yang sering ditemui sehari-hari,” kata Andika, melalui siaran pers yang diterima Jabarnews.com, Rabu (22/1/2020).

Setelah itu, ujar Andika, mahasiswa UPI mengadakan kegiatan sikat gigi bersama yang dilakukan di lapangan sekolah, yang dibantu oleh mahasiswa.

Setelah didemonstrasikan cara menyikat gigi yang benar menggunakan video animasi, mahasiswa juga ikut membimbing siswa saat mempraktekkannya secara langsung.

Baca Juga:  Polisi Pastikan Mayat yang Terlilit Lakban di Indramayu Adalah Korban Pembunuhan, Ini Sederet Faktanya

“Harapannya, setelah mengetahui cara menyikat gigi yang benar, siswa dapat lebih memperhatikan kesehatannya terutama kesehatan gigi,” ujar Andika.

Di tempat yang sama, Ketua KKN mahasiswa UPI, Daffa Herianto menambahkan, di hari kedua pelaksanaan KKN, kembali diawali dengan pemberian informasi seputar beberapa jenis sampah serta bagaimana cara menggosok gigi yang baik dan benar.

Kemudian, kegiatan dilanjutkan dengan menggambar bersama dengan tema kebersihan dan kesehatan.

“Dari kegiatan tersebut dipilih 3 siswa dengan gambar terbaik dan berhak mendapatkan hadiah yang telah kami siapkan sebelumnya,” tambah Daffa.

Daffa mengungkapkan, disaat kegiatan berakhir dan mahasiswa UPI hendak meninggalkan lingkungan sekolah, tampak sedikit kekecewaan dari siswa ketika harus berpisah.

Baca Juga:  Tim Basket Pemkot Bandung Jadi Runner-Up Piala Gubernur Jabar

Tidak sedikit siswa yang meminta tanda tangan dan nomor kontak mahasiswa KKN UPI, berharap agar silaturahim antar siswa dan mahasiswa tetap terjaga.

“Kebersamaan dua hari bersama siswa SDN 007 Cipaganti ini tidak akan pernah kami lupakan, karena ini jadi momen awal bagi kami untuk membagikan ilmu yang didapat sebagai mahasiswa UPI Bandung,” ucapnya.

Untuk diketahui, rangkaian KKN mahasiswa UPI Bandung di SDN 007 Cipaganti ditutup dengan penyerahan sertifikat ucapan terima kasih dan foto bersama guru, siswa dan mahasiswa KKN UPI. (Red)